08 June 2020

Cara Menghindari Buruk Sangka

Semoga kita terhindar dari buruk sangka yang membuat kita "bad mood" atau "paranoid" menjalani kehidupan. Melihat orang lain seperti ''monster" padahal ada sisi baik dalam diri setiap orang, bagaimanapun kita tidak bisa hidup sendirian kita butuh orang lain. Keadaan juga menjadi tidak kondusif, tegang, kaku, horor, dunia bagaikan neraka. Apalagi berburuk sangka kepada Alloh yang maha pengasih dan penyayang, bisa-bisa kita jadi makhluk yang sengsara dunia dan akhirat.

Untuk menghindari situasi diatas, berikut cara menghindari buruk sangka baik kepada Alloh, diri, orang lain, keadaan, check it out ;

1. Awali sesuatu dengan kebaikan, melihat sisi baik lebih dulu, mengawali sesuatu dengan kebaikan menentukan akhir setiap urusan, dalam islam setiap urusan diawali dengan do'a, memohon pertunjuk, pertolongan, perlindungan, kekuatan dan kelancaran. Kita berdo'a kepada Alloh yang maha kuasa maka jiwa akan lebih tenang akan jauh dari "paranoid", "mood" jadi baik.

2. Sabar, jika pun takdir menentukan kita apees terkena musibah, maka itu wajar karena namanya hidup di dunia ada takdir baik juga ada takdir sebaliknya. Jangan tenggelam dalam penyesalan dan kesedihan, sabar bisa dilakukan dengn mengucap "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (sesungguhnya kami milik Alloh dan kepada-Nya kami kembali) sambil mengharap takdir baik segera datang kalau tidak di dunia ini maka pasti kesabaran kita akan dibalas Alloh dengan berlipat ganda, Aamiin.

3. Syukur, harapan yang terwujud jadi kebahagiaan tersendiri tapi jangan lupa bersyukur supaya nikmat yang kita dapat jadi berkah, cara besyukur bisa dengan ucapan "Alhamdulillahi rabbil'alamiin" (segala puji bagi Alloh penguasa semesta alam) dan dengan berbagi sedekah ; duit, nasi bungkus, dll.

Itulah mungkin cara menghindari buruk sangka yang semoga bermanfaat bagi hadirin-hadirot yang mampir di blog ini.

wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih, sudah berkunjung..