10 June 2020

Cara agar lisan terjaga

Bagaimana jika lisan kita tidak terjaga tentu akan ada banyak persoalan yang timbul, menjaga lisan memang tidak mudah apalagi di era kemerdekaan berbicara dan berpendapat. "Menjaga lebih baik daripada mengobati" istilah ini tidak hanya untuk dunia kesehatan sepertinya karena lisan yang terlanjur menyakiti seseorang kadang susah dicari obatnya. 

Beberapa cara di bawah ini  adalah langkah untuk menjaga lisan kita agar selalu terjaga, monggo disimak ;

1. Perbanyak dzikrulloh, dengan memperbanyak dzikir, lisan yang sibuk berdzikir mendapat kebaikan-kebaikan (pahala dan fadhilah) dan menjauhkan keburukan-keburukan lisan (gosip, gibah, fitnah).

2. Meguatkan keyakinan bahwa setiap kata-kata dari lisan kita diketahui Alloh, dicatat malaikat, dan akan ada hisabnya nanti di dunia dan akhirat.

3. Membiasakan diri berfikir sebelum berbicara, ceplas-ceplos ada tempat dan waktunya tapi kebanyakan offside alias tidak pas waktunya, daripada beresiko nambah dosa lebih baik bicara yang baik-baik.

Segitu saja semoga bermanfaat, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, kalau ada kesempatan kita jumpa lagi di blog ini ya.

wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih, sudah berkunjung..