14 June 2020

Cara Virus Corona Menyebar

Konon virus ini sudah lama ada dan seiring waktu berevolusi sampai sekarang booming jadi pandemi. Bentuk virus ini mirip matahari sehingga dinamakan corona, jika terinveksi maka akan menyebabkan penderita demam, pilek, batuk, sampai dengan kesulitan bernafas, jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan meninggal dunia.

COVID 19 adalah nama resmi virus yang menjadi pandemi di dunia saat ini, negara yang pertama kali terinfeksi virus ini adalah China di Kota Wuhan tepatnya, hingga sekarang sudah menyebar ke hampir setiap negara di dunia.

Penyebaran virus ini sangat cepat sehingga para ahli kesehatan menghawatirkan akan jatuh banyak korban jika tidak ada langkah pencegahan. Maka langkah pencegahan pun dilakukan oleh setiap negara, langkah yang diambil berbeda-beda dari mulai Lock Down sampai dengan pembatasan sosial yang sedang berjalan di negara kita, Indonesia.

Berikut ini adalah cara virus corona menyebar sehingga dapat menginfeksi banyak orang dengan cepat, ditambah virus ini bisa tahan dipermukaan benda sampai dengan 9 jam, langsung saja ya check it out ;

1. Droplet, percikan kecil air liur atau lendir dari mulut ketika batuk atau hidung ketika bersin. Maka sebagai langkah pencegahannya dipakailah masker, agar percikan air atau droplet bisa tertahan lajunya dan hanya menempel dipermukaan masker. Langkah selanjutnya adalahdengan menjaga jarak ketika kita berbicara dengan orang lain yang berpotensi terkena virus minimal 1-2 meter.

2. Sentuhan, benda yang terkena droplet bisa berpotensi menyebarkan virus ini, sehingga untuk langkah pencegahannya harus sering mencuci tangan dengan sabun kemudian jangan terlalu sering menyentuh bagian wajah dengan tangan kecuali sudah mencuci tangan sebelumnya.

Dua point diatas adalah cara penyebaran virus corona yang saat ini jadi pandemi, bisa jadi ada tambahan atau cukup dua saja sementara ini. Disamping langkah pencegahan yang tadi disebutkan masih ada hal lain yang jangan sampai lupa yaitu memperkuat imunitas tubuh dengan makan-makanan sehat yang bermanfaat untuk tubuh dan hindari makanan yang kurang baik atau beresiko merugikan kesehatan.

Semoga kita dilindungi dari virus ini, perlindungan Alloh adalah yang kita harapkan bersama-sama karena Dia adalah yang maha melindungi dan maha kuasa atas segala sesuatu di Bumi dan di Langit. Do’a dan usaha kita untuk terhindar dari virus ini semoga jadi pahala kebaikan kelak di akhirat, Aamiin.

Wallahu’alam.


2 comments:

  1. Share yang bermanfaat. Dulu kalo bersin saya seenaknya, sekarang mikir. Saya kira Covid-19 mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan. Termasuk SOP berinteraksi dengan orang saat flu, batuk dll. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba saya juga kalau bersin kadang seenaknya hehe kadang muncrat ke muka teman untung teman saya baik malah mengingatkan kalau bersin ucapkan Alhamdulillah, betul banyak hikmah yang diajarkan covid 19 salah satunya jangan bersin sembarangan, batuk juga sama, jangan-jangan kita ODP, salam kembali..

      Delete

Terima kasih, sudah berkunjung..