Cara Membangkitkan Sikap Kepemimpinan Dalam Diri


Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Dari definisi ini kita bisa menarik kesimpulan, kalau untuk mempunyai  sikap kepemimpinan ada 2 syarat ; yang pertama, mempunyai tujuan, kepemimpinan yang baik selalu mempunyai tujuan yang jelas, hendak kemana dan bagaimana cara yang akan ditempuh. Yang kedua, Bisa memberi contoh yang baik, kepemimpinan yang bisa memberi contoh yang baik sangat mungkin membantu proses tercapainya tujuan.
Bagaimanakah cara membangkitkan sikap kepemimpinan dalam diri? 
Cara untuk membangkitkan sikap kepemimpinan dalam diri kita, yaitu sebagai berikut :
1.    Rajinlah menuntut ilmu yang bermanfaat , Ilmu yang bermanfaat akan membuat seseorang mempunyai tujuan dalam hidupnya yaitu untuk bisa bermanfaat bukan hanya dirinya sendiri tapi juga orang-orang di sekitarnya. Sehingga kita secara tidak langsung mempunyai satu syarat untuk mempunyai sikap kepemimpinan yaitu punya tujuan yang jelas.

2.    Rajinlah bekerja, Ilmu yang bisa diwujudkan dalam bentuk kerja nyata dan menghasilkan manfaat tentu akan mempunyai pengaruh baik dan sekaligus menjadi contoh yang baik, sehingga anda akan bisa mempengaruhi dan memberi contoh yang baik.
Dengan melakukan dua hal ini semoga bisa membangkitkan sikap kepemimpinan dalam diri kita. Sikap kepemimpinan yang baik akan melahirkan hal yang baik dan bermanfaat, sebaliknya sikap kepemimpinan yang buruk akan melahirkan keburukan dan kehancuran.
Wallahu’alam