Membaca Keadaan (MK)

Keadaan saat itu sedang kacau, ku hanya bisa berdiam diri, melihat orang-orang berlalu lalang dengan urusannya masing-masing, sibuk. Melihat semua itu, ku berfikir kalau ku juga harus sibuk, atau lebih tepatnya menyibukan diri, dengan hal yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan, bukan hanya untuk kebutuhan sendiri tapi untuk kepentingan orang lain yang intinya bermanfaat.
Mungkin terlalu muluk kalau cita-cita kita "Menjadi Orang yang Bermanfaat", ada yang nyeletuk "Tukang sampah pun bermanfaat bagi lingkungannya", karena itu harus lebih spesifik.

Keadaan yang kacau ini, menuntut kita bisa membaca keadaan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa mengambil langkah yang tepat, begitupun kalau ditanya cita-cita maka jangan terlalu muluk, sesuaikan dengan keadaan, apa yang paling dibutuhkan lingkungan/orang-orang sekitar kita sehingga diri kita bisa bermanfaat.

| 0

Mengingat Masa Depan (M2D)



Tak selamanya hidup ini untung, selalu ada pergiliran masa, ada masanya untung dan ada masanya rugi, ini sudah hukum alam yang Alloh tetapkan, tinggal bagaimana kita memahaminya. Ketika kita sudah faham maka akan ada kesadaran untuk menabung, menabung disini bukan hanya materi tapi juga kesabaran, maksudnya jika saat ini kita dalam keadaan senang karena beruntung, maka sisihkan energi untuk pos kesabaran, sehingga ketika kerugian menghampiri, stok kesabaran kita cukup, tidak kekurangan energi.

Mengingat masa depan, bagi sebagian orang kadang sulit, mengingat sebagian orang kadang terlalu berfokus hari ini saja sehingga yang sedang untung terbuai dengan keuntungan yang dinikmati sekarang dan lupa akan ada masa pergiliran, yang sedang rugi merasa akan rugi selamanya sehingga menghalalkan segala cara untuk lepas dari jeratan rugi, karena stok kesabaran habis.

Tujuan dari mengingat masa depan, salah satunya untuk menjadikan kita tidak reaktif, dalam mengambil keputusan, tapi realistis, mengingat hukum alam yang akan pasti terjadi dalam kehidupan ini, namun bukan berarti menghapus mimpi dalam ingatan tapi justru membawa mimpi itu menjadi real dengan mengingat bahwa akan ada masa yang bisa mempercepat dan memperlambat waktu terwujudnya mimpi itu, dengan mengantisipasi sejak dini efek kemungkinan yang terjadi di masa depan.

Sebuah tulisan memang akan menjadi tulisan tanpa kita mengikhtiarkanya, saya serahkan kepada anda semoga bermanfaat.

Salam Silaturahmi..

gambar dari : http://ecolifetips.files.wordpress.com/2011/04/green-energy.jpg

| 0

Yang Ingin Dicintai (YID)


Cinta, sampai hari akhir mungkin tak akan habis-habisnya dibahas, entah sudah berapa banyak kata2 yang dirangkai, seperti karangan bunga yang bermacam2 bentuk dan wanginya, banyak macamnya, tapi satu hal cinta itu selalu membuat bahagia. Bahagia ketika bersama, bahagia ketika mengingatnya, bahagia ketika bertemu setelah sekian lama tak berjumpa. Mungkin akan terlihat lebay ketika orang membahas cinta, itulah fitroh manusia ketika virus cinta telah merasuk kedalam rongga dada, kadang2 mereka menjadi aneh, tapi nyata. Memang aneh dan membuat takjub, betapa sang pencipta cinta merancang dengan sistematis dan begitu rumitnya sehingga rasa itu bisa merasuk ke dalam hati siapa saja, bahkan untuk binatang buas sekalipun.

Ah, sudahlah, seperti diawal memang tak akan habis kata kalau bicara cinta dan itu sudah sama2 dimaklumi. Sekarang, mungkin ada satu hal yang didambakan setiap orang yaitu ingin dicintai, terlepas sekarang mungkin ada orang yang sudah merasa dicintai, minimal oleh ibunya tercinta yang sudah melahirkannya, atau saudara, sahabat, teman, what ever. Orang yang dicintai dipastikan akan bahagia, kalau tidak bahagia pasti ada yang salah dengan cara mengungkapkan cinta itu, atau yang dicintai salah memahaminya. Sudah banyak contoh orang melakukan hal aneh, tapi kita bisa fahami kalau tujuannya tiada lain tiada bukan hanya supaya untuk dapat dicintai.

Adakah yang berfikiran sama dengan saya? kalau dicintai seseorang saja begitu menyenangkan dan membuat bahagia, bagaimana kalau kita dicintai yang menciptakan seseorang itu, maksud saya yang menciptakan dalam artian sebenarnya yaitu Alloh SWT, bukan Ibunya yang melahirkannya. Pasti akan begitu luarbiasa kebahagiaan yang kita rasakan, setujukan?.

Tapi ada yang justru tersiksa karena dicintai, bagaimana jadinya?. Pasti ada yang salah dan harus diluruskan, dari yang dicintai dan yang mencintai, disamakan dulu persepsinya mungkin itu bisa jadi langkah yang tepat untuk penyelesaian. Kalau sudah berbeda persepsinya dan tidak bisa disamakan sudah waktunya menentukan pilihan.

Tulisan sederhana ini hanya sebuah lintasan fikiran saya yang tidak berarti, semoga ada manfaatnya.

Salam silaturahmi saja..

| 0

Puisi Tentang Lingkungan Hidup

Hutan Itu

Pohon kini enggan tumbuh
Karena hutan itu telah gersang
Hujan yang mengguyur hanya lewat
Tak ada resapan setetes air pun tak tersisa

Kita tengok asal muasal hutan itu
Ketamakan menjadi biang keladi
Dibabadlah pohon semua untuk diambil kayu
dan sebagian pohon dibakar

Mungkin si pohon telah bosan dengan semua ini
terputuslah perjanjian agung simbiosis mutualism
manusialah yang pertama kali memutusnya ujar pohon
Langkah selanjutnya pohonpun enggan tumbuh

Kini manusia merayu-rayu si pohon agar tumbuh seperti dulu
Menempatkanya disetiap penjuru hutan itu
Menungguinya dengan telaten berharap si pohon berubah fikiran
Namun hari ini si pohon masih juga enggan tumbuh

Keyboard

Siapa sih yang ga tau keyboard? betul, pinter, IQ kamu pasti diatas seratus.. Key itu kunci, Board itu papan, jadi Papan Kunci terjemahan leterleknya, tapi disini istilah ini khusus saya gunakan untuk komputer jadi Keyboard itu artinya papan ketik.

Saat ini teknologi begitu pesatnya, begitu juga perkembangan si papan ketik ini, Dari ukuran sedang, mini, sampai super mini, dari tuts, layar sentuh, sampai sinar laser optik, dari kabel, sampe bluetooth. Luarbiasa, apa jadinya kalau komputer tanpa papan ketik?, tidak akan ada penulis blog sepertinya.


| 2

Film tentang Pembebasan Konstantinopel

“Konstantinopel akan dibebaskan di tangan seorang laki-laki. Maka sebaik-baik pemimpin adalah pemimpin yang membebaskan kota itu. Dan sebaik-baik tentara adalah tentaranya.”(HR. Ahmad)

Hadits di atas disampaikan dari lisan Rasulullah SAW kepada para sahabat lebih dari 1400 tahun yang lalu. Hadits inilah yang menginspirasikan para pemuda laki-laki berabad-abad berikutnya untuk berlomba-lomba membebaskan Konstantinopel.

Maka pada tahun 1453 M tersebutlah nama seorang pemuda yaitu Muhammad Al-Fatih. Dia bersama pasukan tentaranya berhasil membebaskan Romawi Timur (Byzantium) dengan ibu kotanya Konstantinopel. Padahal pada saat itu Konstantinopel adalah salah satu jantung kekuatan dunia, artinya bukan kota yang mudah untuk ditaklukkan. Dan setelah dibebaskan, kota ini berubah nama menjadi Islambul yang berarti kota Islam. Namun sejak Mustafa Kemal Ataturk, nama kota ini diganti menjadi Istanbul atau Istambul. Atas penaklukannya tersebut maka pemuda tersebut dijuluki “Al-Fatih” yang berarti sang penakluk.

Kisah heroik pembebasannya kini difilmkan dalam sebuah film produksi Turki. Secara resmi film ini berjudul “Fetih 1453” dan berbahasa Turki. Berdasarkan situs Aksoy Film Production, perusahaan yang memproduksinya, film ini dibuat sejak bulan September 2009 hingga Januari 2012. Dan menurut situs IMDb film ini akan dirilis secara resmi pada tanggal 17 Desember 2011 mendatang di Turki. Sedangkan rilis resmi di negara-negara lain akan dilakukan pada bulan Februari 2012.

| 0

Monitor LED

Monitor identik dengan komputer, dimana ada komputer disitu ada monitor, mereka seperti sahabat setia atau saudara kandung kayaknya (ini gak pentng banget). Perkembangan monitor makin hari makin pesat saja perkembangannya, dari mulai monitor jenis CRT sampai yang terbaru dan mulai jadi trend saat ini monitor LED. Ada yang tahu apa itu LED? cocok betul banget.. light emitting diode, yang mau lebih nyaho silakan klik disini.
Tapi intinya, dan yang terpenting teknologi ini lebih ramah lingkungan dibanding kakak iparnya, monitor LCD, karena menurut para ahli, monitor LCD bisa menghasilkan uap merkuri bertekanan rendah, seperti kita tahu merkuri (Hg) sangat berbahaya bagi lingkungan. Dan ternyata bukan itu saja sobat-sobat sekalian, dalam hal peforma ternyata seorang adik bisa melebihi kakaknya, kualitas gambar monitor LED lebih terang dan lebih fokus, lengkap sudah.
Namun tidak bisa dipungkiri, kalau harga jadi kendala untuk bisa mentranformasi teknologi secara serempak dari satu teknologi ke teknologi yang lebih baik.
Mari kita sama tunggu turunnya harga monitor LED ini, atau kita sama-sama turun ke jalan menuntut penurunan harga monitor LED (Provokator pisan).

Dari segi tampilan monitor LCD dan monitor LED ga jauh beda bisa dilihat dibawah ini..

LED (si adik)

LCD (si kakak Ipar)




Menulis Itu Rumit

Aku orang yang gampang sekali bosan, jika memulai sesuatu gampang sekali tergoda mencoba hal yang baru, membuat diri ini was-was kalau aku punya mobil, terus bosan lalu ingin mobil baru yang harganya miliaran, bisa-bisa gaya hidupku seperti anggota DPR yang diberitakan memakai kendaraan yang harganya miliaran, entahlah aku bingung. Berawal dari keinginanku menulis, saat aku mulai menulis lagi-lagi penyakitku kambuh, sepertinya bosan sudah memasuki aliran darah, masuk kesyaraf gerak mataku melihat tombol sign out dan buka facebook, log in, klik game.

Mungkin juga karena game selalu memberikan tantangan, berbeda dengan menulis, tantangan dalam menulis belum aku rasakan, ditambah kemampuan bacaku yang dibawah rata-rata, lengkap sudah. Informasi ujung-ujungnya melahirkan persepsi, setelah membaca beberapa buku dan tulisan teman sejarah meraka mulai jadi penulis, mereka awali karena banyak membaca dan menulis menjadi media penyalurannya, aku terkesan, sekaligus pesimis apa bisa aku menulis, tulisan apa bisa aku menulis diakhiri dengan tanda tanya besar yang hampir-hampir menimpa kepalaku.

Menulis jadi hal yang menjadi rumit dalam diriku, sungguh dilema, padahal menurut seorang penulis, menulis itu jangan terlalu jauh-jauh, mulailah dengan apa yang kamu rasakan dan alami. Aku coba pahami dan coba praktekan, ajaib aku bisa menulis satu paragraf, besoknya aku masih konsisten dengan satu paragraf, selanjutnya dua paragraf, tapi tiba2 hanya tinggal satu kalimat itupun dengan bahasa yang sulit dimengerti, rumit bin bosan sudah mengkudeta fikiran sehingga untuk mengeluarkan satu katapun tak bisa karena birokarasi fikiran sudah rumit dan bosan.

Selanjutnya dengan berat hati, persepsi itu menempel seperti parasit kepada inangnnya, Menulis itu rumit. Belum ku temukan usaha kontrapersepsi untuk melawan persepsi itu, haruskah aku menggunakan peptisida otak untuk membasmi persepsi parasit yang hinggap difikiran. Entahlah aku bingung.

Oh ya virus kedua setelah bosan yang ada difikiranku adalah bingung, sungguh menyedihkan.

Setia part2


Hari ini aku banyak dirumah, rutinitasku sekolah, mengerjakan PR, makan, tidur, baca2 buku pelajaran, dan nonton TV. Begitu saja, tak terlintas untuk mengerjakan diluar itu, yang menurutku kurang penting, seperti main dengan tetangga, main ke mall, atau hanya sekedar jalan-jalan keliling komplek. Hasilnya aku menjadi putihan, kulitku menjadi sedikit putih, dan terlihat sedikit gemuk, pantas kalau ada yang menyebutku banyak makan, padahal makan standar saja 2 kali sehari tapi aktifitas ku saja yang beda, lebih kepada fikiran bukan otot jadi nutrisi tersimpan dengan baik dalam bentuk lemak, al hasil aku terlihat gemuk.

Apapun itu lama kelamaan akupun bosan, akhirnya aku mencoba melakukan aktifitas tambahan tapi aku bingung itu apa. Dengan sangat kebetulan setelah sekolah, seorang teman mengajakku main basket, Inilah olahraga Michael Jeffrey Jordan ujarku dalam hati, sangat keren ketika aku lihat temanku yang sudah jago melakukan lay-up dan slamdunk. Tidak terlihat seperti yang aku sangka, sepertinya gampang, tapi ternyata butuh stamina yang lebih, baru 15 menit aku mencoba main sudah ngos-ngosan, keringat membuat badanku lengket, ditambah aku memang jarang olahraga, lengkap sudah.

Itulah untuk pertama kali aku mencoba olahraganya Michael Jordan yang tersohor itu, lumayan sulit dan melelahkan, tapi aku mulai menyukainya, apalagi saat bola yang aku shooting masuk ke dalam keranjang, senang bukan main.Dihari selanjutnya aku belajar untuk lay-up, dan gaya2 dalam basket, dan sedikit2 aku mulai hafal teknik2 shooting.

Ada 3 olahraga yang difasilitasi di sekolahku, Basket, Voli, dan Sepakbola. Tapi aku lihat yang paling eksklusif adalah basket, secara lapangannya dikelilingi oleh pagar kawat sehingga berkesan seperti kandang raksasa, atau itu hanya perasaanku saja, tidak usah difikirkan. Tapi suatu hari pernah juga seseorang melempar bola sampai keluar lapangan, meski lapangan dijaga pagar kawat setinggi 4 meter itu, sungguh sembrono.  

SETIA part1


Hari ini adalah hari pertama aku mulai akan belajar di sekolahku yang baru, SMKN 4 Bandung, hari kemarin aku dinyatakan lulus tes, Alhamdulillah, tapi saat ini aku sedikit gelisah, karena aku melihat jam sudah menunjukan pukul 6.55, GAWAT. Dengan tergesa2 aku mulai berlari-lari menuju gerbang, dari kejauhan aku melihat ada seorang Bapak dan 2 anak sedang push-up, kena deh.. baru awal masuk sudah kena punishment, sepertinya keberuntungan bukan dipihakku. 

Belakangan aku tahu Bapak yang mem-punish-ku bernama Pa Anwar, melihatnya membuat nyaliku ciut. Hari ini adalah hari senin dan setelah hukuman yang cukup melelahkan aku baru dibiarkan mengikuti upacara bendera, lega rasanya, untung hukuman yang aku dapat hanya push up, yang untungnya lagi aku sudah terbiasa melakukannya di rumah, biasanya aku push up 40x sehari, tadi hanya 20x, tidak seberapa buatku.

| 3

Masih Suasana Lebaran


Bagaimanapun aneh dan kadang mengherankan, darimana asal usul ketupat bisa menjadi hidangan khas setiap menjelang lebaran, tapi aku mulai paham kalau setiap lebaran pasti akan ada ketupat dan opor, mungkin ini adalah makanan khas yang diadaptasi untuk melengkapi kebahagiaan di hari lebaran. Sehingga kalau sekiranya tidak ada dua komponen (ketupat dan opor) itu maka alangkah tidak lengkap, seperti bertepuk sebelah tangan (lebay mode). Seperti biasa dihari ke lima lebaran ini mungkin ada yang dengan sigap melanjutkan puasanya, puasa syawal 6 hari, dalam suatu hadist diterangkan puasa ini memiliki keutamaan yaitu barang siapa yang menjalankannya maka dia seperti berpuasa setahun penuh. Wallohu'alam..

Temanku adit mungkin salahsatu dari orang yang mungkin tidak mau suasana romadhon hilang begitu saja sehingga selepas hari pertama lebaran, pada hari kedua dia puasa syawal, mungkin dia akan puasa selang seling, sehari puasa sehari nggak. Suasana lebaran kadang sedikit-sedikit melunturkan semangat ibadah di romadhon, jadi puasa syawalnya ditunda2, seperti aku yang masih belum juga memulai puasa, karena kue dan makanan yang terus menggoda, aku harus meningkatkan kembali semangat ibadah yang mulai menurun nih.. sepertinya aku harus memaksakan diri supaya syawal ini tidak seperti tahun kemarin, puasa syawalnya diakhir bulan, karena ditunda2 terus.

Kepada sahabat2ku yang mengharap ridho Alloh semoga syawal ini merupakan peningkatan sesuai dengan arti syawal itu sendiri, sehingga kita betul-betul kembali kepada fitrah kita sebagai makhluk Alloh yang taat kepada Tuhannya. Amal ibadah dibulan romadhon tidak kita tinggalkan akan tetapi kita bawa ke bulan syawal dengan puasa syawal 6 hari..


Ayo semangat..

Hari ke 13, 14, dan 15

Segalanya berproses kawan, bahkan sesuatu yang katanya instan.

Untuk membuat mie instan, tidaklah bimsalabim.

Mulai dari proses mendidihkah air, menunggu 15/10 menit sampai matang.

Proses melatih kekuatan sabar kita, sebelum nanti menikmati hasilnya.

Banyak keutamaan yang Alloh berikan bagi orang yang sabar.

Mulai kebersamaan yang Alloh janjikan, Alloh beserta orang yang sabar.

Kemenangan yang gemilang, meski ketika kita 1 orang berbanding musuh 10/2 orang.

Sampai dengan pahala yang tidak ada batasnya.

Mengapa kita tidak memilih bersabar dalam proses kemenangan ini?

Selalu ada bisikan untuk buru-buru, tergesa-gesa, emosi, dan berprasangka.

Tapi semua bisa diatasi jika saja selalu ingat kepada Alloh.

Banyak-banyaklah ingat kepada Alloh, kawan..

Bismillah..









| 6

Hari ke 11

Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahala satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat.

Allah berkata: ‘Kecuali puasa maka Aku yg akan membalas orang yang menjalankan karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsu dan makan karena Aku.

Sesungguh akan dipenuhi bagi orang2 yang sabar pahala mereka berlipat ganda tanpa perhitungan.

Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatan mk Allah k
tak peduli dia meninggalkan makan dan minumnya.

Puasa adalah tameng maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah dia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti maka katakanlah saya sedang berpuasa.

Semoga Alloh menerima puasa kita..

| 0

Hari ke 10

Hal yang lucu selalu membuat saya tersenyum, tertawa terbahak-bahak. Ada saja yang bisa membuat saya tertawa dari setiap kejadian, mungkin fikiran saya sudah konslet, salah satu syaraf dalam otak saya menyimpang dan bergerak ekstrim, tidak wajar. Alloh yang tahu apa yang ada dalam fikiran saya sesungguhnya, semoga Alloh melindungi saya dari penyakit gila, meski keuntungan gila adalah bebas dari kewajiban beribadah apapun.

Kata seorang ustad, "Banyak tertawa bisa mematikan hati". dan Rosululloh pernah berkata "Kalau sekiranya kamu mengetahui apa yang aku ketahui niscaya kamu akan sedikit tertawa dan banyak menangis".

Dalam batas tertentu tertawa bisa jadi penawar duka dan lara, caranya dengan menonton lawak, membaca buku cerita humor, atau mendengar radio yang bercerita komedi. Di bulan Romadhon banyak acara yang bisa jadi hiburan untuk bisa tertawa, namun memang harus diantisipasi jangan sampai seperti dikatakan ustad menjadikan hati kita mati dan tidak peka terhadap lingkungan kita. "Pandai-pandailah menempatkan" sambung ustad.

Wallohu'alam..

| 0

Hari ke 9

Optimisme adalah modal wajib dalam mewujudkan cita-cita, tanpa itu, cita-cita hanya sebuah angan angan. Optimis karena yang menjadi sandaran hidup adalah Alloh swt, bukan harta benda, akal yang cerdas, penampilan yang perlente, dan kata-kata yang lantang. Sandaran kalau-kalau usaha sudah maksimal dan hasil tidak kunjung seperti yang diharapkan, atau mendapat keberhasilan yang kita bingung menyikapinya bagaimana, untuk keberhasilan ini Alloh memberikan arahan untuk bersyukur dan tidak menyombongkan diri.

Idealnya setiap manusia melakukan apa yang ia katakan, kata-katanya sesuai dengan amal perbuatannya, sama percis. Itulah kendala yang saya hadapi dalam kehidupan ini, terlanjur kata-kata sudah terucap dan saya harus berusaha untuk membuktikan apa yang saya sudah nyatakan. Tapi saya sadari ini bukan ujug-ujug, Alloh sudah mengatur sedemikian rupa hidup saya, tinggal bagaimana sikap terbaik yang dapat saya tunjukan. Berusaha dengan sungguh-sungguh beramal lebih baik.

Bismillah..

| 0

Hari ke 8

Hari ini saya merasa kecil, ternyata belum seujung kukupun saya bisa menyamai mereka, orang-orang sholeh, yang kesehariannya dipenuhi amal-amal ibadah. Waktu mereka hanya dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri dan orang disekitarnya, mereka dalam keadaan sibuk, kesana kemari tanpa kenal lelah, menyiapkan apa yang perlu dipersiapkan, melaksanakan apa yang harus dilaksanakan, menginfaqkan hartanya, tenaga, fikiran hanya untuk hal yang bermanfaat.

Saya mencoba membandingkan diri ini dengan mereka, kecil, saya meresa kecil. Waktu yang saya pergunakan masih sangat lapang dan lengang dari amal-amal ibadah, yang kebanyakan hanya diisi oleh istirahat dan istirahat, sedangkan mereka istirahat mereka adalah kematian, ya mati adalah tempat mereka beristirahat. Hidup bagi mereka kesempatan untuk memenuhinya dengan amal-amal utuk bekal mereka dikehidupan berikutnya. Satu kata yang bisa saya ucapkan "Subhanalloh, luarbiasa".

Saya selalu berharap semoga saya bisa mengikuti jejak langkah mereka dan dikumpulkan terus bersama-sama dengan mereka sehingga setelah kehidupan ini saya termasuk golongan orang yang sholeh. Sedikit muluk, tapi dengan segala keterbatasan yang saya punya, bukan hal yang tidak mungkin bagi Alloh, jika Dia berkehendak pasti akan terjadi.

Romadhon menjadi kesempatan saya untuk memaksimalkan diri untuk memperbanyak amal ibadah. Jadi puasa bukan jadi alasan untuk mengurangi aktifitas, bahkan sepatutnya memanfaatkan moment ini dalam rangka meraih ganjaran pahala yang saat ini dicurahkan Alloh swt.

Tetep semangat..



| 2

Hari ke 7

Sesungguh kaum muslimin dan muslimat kaum mukminin dan mukminat kaum pria yg patuh dan kaum wanita yg patuh dan kaum pria serta wanita yg benar (imannya) dan kaum pria serta wanita yg sabar (ketaatannya) dan kaum pria serta wanita yg khusyu dan kaum pria serta wanita yg bersedeekah dan kaum pria serta wanita yg berpuasa dan kaum pria dan wanita yg menjaga kehormatan (syahwat birahinya) dan kaum pria serta kaum wanita yg banyak mengingat Allah. Allah menyediakan bagi mereka ampunan dan pahala yg besar.

Wahai sekalian para pemuda barang siapa diantara kalian telah mampu menikah dgn berbagai macam persiapannya hendak menikah krn menikah lbh menundukan pandangan dan lbh menjaga kehormatan. Barang siapa yg belum mampu menikah hendaklah puasa krn puasa merupakan pemutus syahwat baginya

Puasa adl perisai seoramg hamba berperisai dengan dari api neraka

sesungguh dalam syurga ada satu pintu yg disebut dgn rayyan orang-orang yg puasa akan masuk di hari kiamat nanti dari pintu tersebut tak ada orang selain mereka yg memasukinya. jika telah masuk orang terahir yg puasa ditutuplah pintu tersebut barang siapa yg masuk akan minum dan barang siapa yg minum tak akan merasa haus utk selamanya

diatas adalah ayat qur'an dan hadist yang semoga memotivasi saya untuk beramal lebih baik lagi..

tetep semangat..


| 0

Hari ke 6

Sejatinya setiap manusia mampu menghadapi segala macam hambatan dan rintangan dalam kehidupan ini, itu telah Alloh telah nyatakan dalam Al Qur'an yang diturunkan 15 abad yang lalu. Ketika masih ada manusia yang masih berkeluh-kesah dan putus asa, bisa dibilang "terlalu". Ini Menunjukan tingkat keimanannya dibawah rata-rata atau sudah tidak ada lagi, Na'udzubillah.

Apapun yang saya tulis dalam blog ini adalah sebuah memory yang pernah hinggap, yang ada di fikiran saya, yang saya sengaja tulis dengan harapan bisa menggugah diri saya yang kadang terlupa dan lalai. Seiring berjalannya waktu memang pengulangan memang diperlukan sebagai stimulan untuk fikiran yang kadang "hang", karena kesalahan pemakaian, salah penyikapan dan lain sebagainya.

Sepatutnya saya bersyukur karena di hari ke 6, puasa lancar-lancar saja, tidak ada kendala yang cukup berarti, tapi seperti perkataan seorang istri dalam sebuah sinetron religi, "jangan merasa menjadi seseorang yang "paling"". Paling merasa beruntung, harus ada evaluasi, agar selalu berusaha dengan lebih baik, tidak membiasakan diri dalam kelalaian dan kesalahan.

Semoga selalu ada perbaikan dalam kehidupan ini dan setelah kehidupan ini, bagi orang yang yakin, InsyaAlloh..

| 0

Hari ke 5

"Ujian datang dititik terlemah'' saya temukan tulisan ini dalam sebuah buku. Yang belakangan saya sadari itu memang terjadi dalam kehidupan ini. Kebanyakan ujian menguji apa yang tidak diketahui dan bukan apa-apa yang sudah kita ketahui. Yang lemah dalam segi harta maka ujiannya adalah ujian harta, yang lemah dalam hal wanita maka ujiannya adalah ujian tentang wanita, dan yang lemah dalam hal jabatan maka ujiannya tidak akan jauh dari soal jabatan. Tapi bisa difahami kalau tujuan Alloh memberikan ujian sedemikian rupa adalah untuk menjadikan seorang hambaNya lebih kuat, lebih kuat keimanannya, dan agar menyadari bahwa Alloh adalah tempat kembali segala urusan/persoalan.

Melihat apa yang saya hadapi, memang ada benarnya kalau ujian itu selalu terasa dititik terlemah, ini menyadarkan saya kalau saya hanyalah manusia yang lemah dan seharusnya mendekatkan diri kepada Alloh yang maha kuasa di bumi dan di langit. Harapan saya semoga romadhon ini bisa mendekatkan diri ini dengan Alloh dan menguatkan apa yang menjadi titik lemah diri ini. Lebih kuat menahan lapar, ngantuk, emosi, dan menguatkan rasa kepedulian saya.

Selalu ada harapan, ini yang baru saya sadari ketika kesulitan datang, ketika itu saya mencoba berserah diri kepada Alloh atas apa yang menimpa saya dan melakukan apa yang seharusnya saya lakukan yaitu usaha sebaik-baiknya. Hasilnya memang berbeda ketika lebih mendahulukan keluh kesah dan stress memikirkan hasil akhirnya.

Romadhon ini jadi bulan penuh harapan bagi saya, karena Alloh menjanjikan keutamaan dibulan ini, dan saya akan mencoba memenuhi syarat-syarat itu demi mendapat keutamanaan dari Alloh itu.

Bismillah..

| 4

Hari ke 4

Rosululloh saw. bersabda :

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir hendaknya ia berkata baik atau diam".

Hadist ini diriwayatkan oleh imam Bukhori dan imam Muslim.

Imam Nawawi mengomentari ucapan Nabi ini sebagai berikut :

"Hadist ini dengan tegas melarang kita berbicara kecuali yang baik, yang jelas mashlahat dan manfaatnya, bila tidak jelas manfaatnya kita diwajibkan diam".

Tulisan diatas saya kutip dari sebuah buku, yang semoga bisa bermanfaat, saya sebenarnya ingin mengingatkan diri ini, yang kadang berucap tanpa berfikir apakah ada manfaat didalamnya. Ucapan mungkin bisa dipakai sebagai indikator keimanan, yang secara tidak langsung disiratkan dalam hadis ini.

Saya memohon maaf kepada saudara-saudaraku, jika ada kata yang menyakitkan dan melukai anda semua. Apakah saya termasuk yang sia-sia puasanya? yang pada saat puasa masih asyik membicarakan kejelekan saudara sendiri atau orang lain yang tidak saya kenal dibelahan bumi lain.

Semoga saya diberi petunjuk untuk mempergunakan lisan ini dengan baik sehingga saya termasuk yang beriman kepada Alloh dan hari akhir.

Amiin..

| 2

Hari ke 3

Suatu ketika Rosululloh saw. mengadukan tentang umatnya kepada Alloh swt. bagaimana umatnya telah menjadikan Qur'an menjadi suatu yang diabaikan/ditinggalkan. Maka apakah saya termasuk didalamnya? termasuk yang mengabaikan Qur'an?

Yang jelas pada romadhon ini saya bertekad untuk lebih memperhatikan, mendengarkan, memahami, dan mengamalkannya dengan lebih baik lagi. Karena romadhon juga disebut Syahrulqur'an (bulan Alqur'an), dimana dibulan ini ada nudzurul qur'an (turunya Alqur'an), sewajarnya dibulan ini lebih banyak membaca, mendengarkan, memahami dan mengamalkan Qur'an.

Membaca satu huruf Qur'an akan mendapat satu kebaikan, otomatis semakin banyak membaca semakin banyak kebaikan yang akan kita peroleh. Apalagi sunah Rosululloh saw. menganjurkan kita untuk khatam 1 juz dalam sebulan, yang dalam satu juz itu terdapat banyak huruf, banyangkan berapa banyak kebaikan yang akan kita dapat!

Saya semakin semangat membaca Qur'an pokoknya!!
Ayo semangat!!

| 2

Hari Ke 2

Betul kalau satu kebaikan akan mengajak kebaikan yang lain, ini saya rasakan dalam bulan romadhon ini. Ketika memaksakan diri untuk melakukan kebaikan maka secara tidak disadari jiwa ini terbiasa dengan kebaikan dan terbuka untuk melakukan amal kebaikan yang lain. Mungkin ini adalah berkah dari bulan romadhon itu sendiri, satu kebaikan dilipat gandakan nilainya disisi Alloh, ini bisa menjadi motivasi untuk memaksakan diri berbuat kebaikan, sekaligus membiasakannya nanti dibulan lainnya. Sesuai dengan fitrah manusia menyukai kebaikan, maka secara tidak langsung romadhon mengantarkan seseorang kembali kepada fitrahnya, dengan mengkondisikan sedemikian rupa sehingga lebih nyaman, lebih kondusif dalam beribadah, yang mungkin diharapkan akan ada perbaikan dibulan-bulan setelah romadhon.

Betul juga kalau celaka orang yang datang kepadanya bulan romadhon tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tidak diisi dengan banyak melakukan amal kebaikan, malah bermalas-malasan dengan alasan sedang puasa. Saya benar-benar mengharapkan Alloh memberikan saya kekuatan agar di bulan romadhon ini saya dapat mengisinya dengan sebanyak-banyaknya amal kebaikan. Semoga anda merasakan hal yang sama dengan saya.

Wallahu'alam..

| 2

Hari Ke 1

Saya merasakan apa yang disabdakan Rasululloh saw. kalau pada bulan romadhon para setan dibelenggu, coz tidak seperti biasa di hari ke 1 tarowih ini masjid penuh. Rasanya semakin semangat melakukan ibadah apapun, seperti ada beban yang berkurang dalam beribadah, apa anda merasakan hal yang serupa sahabat?

Salah satu pendukung lainnya adalah efek kebersamaan dalam menyambut romadhon ini, semoga Alloh membuat kebersamaan ini berlangsung seterusnya. Bagaimana tidak terasa karena pas awal tarowih perdana masjid penuh, ini menunjukan semangat yang sama dalam menyambut romadhon. Terlepas anak-anak yang selalu saja memeriahkan masjid, pas imam selesai baca al fatihah serempak jawab "AAAAAAMIIIIIIIN".

Kali ini saya mebuat program untuk peningkatan ibadah, sayang kalau bonus yang disediakan Alloh swt disia-siakan. Ibadah sunah jadi seperti pahala ibadah wajib, Ibadah wajib pahalanya jadi dikali lipat menjadi beberapa kali lipat (lupa berapa kalinya). Mungpung ada umur dan semoga Alloh meridhoinya.

Amiin ya Robbal'alamin..

Take a good, Throw away a bad

Lama sudah rasa lapar mendera mengakibatkan krisis multi efek, lemes, fikiran tidak fokus, ketidak seimbangan dalam berjalan, pandangan mulai kabur, ditambah kekacauan akibat demo besar-besaran cacing-cacing perut minta disuplay makanan (halaaah). Sekonyong-konyongnya ada yang berbaik hati memberi bantuan, meski hanya setengah kilo beras, ini patut disyukuri, ini rizki dari Alloh, Alhamdulillah.

Setelah mengumpulkan tenaga yang masih tersisa, ku kumpulkan kayu bakar, ku panaskan air dalam ketel sampai mendidih, beras ini rencananya hanya akan aku "liwet" saja. Oya, masih ada garam, nasi dan garam, lumayanlah, untuk mengganjal si perut, biang kekacauan ini. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya nasi liwet dadakan bin seadanya, jadi juga. Semestinya nasi "liwet" itu banyak temannya seperti ini :

(Enaknya..)


Ku ambil centong nasi dan piring seng satu-satunya kesayanganku, ku ciduk nasi dengan gemetar, semua nasi dalam ketel berhasil ku pindahkan ke piring, siap ku santap.

Ketika ku ingin mengambil garam di lemari, entah bagaimana piring dalam genggamanku terlepas, tumpah ruahlah nasi "liwet" hasil perjuanganku tadi di lantai (masyaAlloh). Sejurus aku terdiam, kemudian aku ingat kata-kata bijak, "Take a good, throw a way a bad", dengan cekatan aku mulai memengambil nasi yang masih bersih belum kotor di lantai, hampir 50% nasi sudah kotor, bagaimanapun harus aku relakan sambil berurai air mata (halaah). Akhirnya nasi "liwet" SS, Super Sederhana, telah aku santap, bersamaan dengan itu pula redalah gelombang demo cacing diperutku, krisis multi efek pun berangsur-angsur pulih.

Kejadian ini sangat berkesan dan tak akan terlupakan, salah satu hikmahnya adalah dalam keadaan sedarurat apapun jangan sampai kehilangan arah, "Take a good, throw a way a bad" yang artinya ambil yang bagusnya, buang yang buruk/kotornya. Mirip kejadian masa kini, kalau sekiranya ada sesuatu yang kotor maka buanglah yang kotor tersebut, dan jangan lupakan yang baiknya dengan cara mengambilnya dan menghargainnya.

Peristiwa diatas hanya rekaan dan fiktif belaka, kalaupun ada kesamaan itu berarti kejadian itu nyata adanya (halaaah halaaah).

Gambar : http://sanguliwetbuika.blogspot.com/

| 0

Properly



Alam semesta ini begitu indah, pepohonan yang hijau, air sungai yang mengalir jernih, batu-batu yang dipahat alam dengan sebaik-baiknya, angin yang bertiup sepoy-sepoy, awan yang berarak-arak, matahari yang selalu setia menerangi hari. Begitu mengagumkan, sepertinya saya harus sering-sering menikmati pemandangan ini, meresapi hari dibawah rindang pepohonan, dibawahnya ada sungai yang jernih, permadani batu-batu, angin yang menyejukan, awan putih yang melayang-layang, matahari yang bersinar cerah.

Memang segala sesuatu dialam ini telah disusun, diatur, diciptakan properly (halaah, pake bahasa Inggris segala). Selayaknya kita bersyukur dengan keadaan ini, meresapi keindahan ini, membuka mata lebar-lebar sampai melotot (halaaah).

Sebagaimana alam ini disusun, diatur, diciptakan properly. Selayaknya bisa mensyukurinya dengan properly juga. Bukan hanya berucap "waaaah", "Amazing", "Awesome", itu sih anak kecil juga bisa, sebagai orang yang sudah dewasa punya fikiran maju kata-kata tidak cukup harus ada "tindakan".

Usul
Semoga ini bisa diterima, dimengerti, difahami (halaah).
Di bawah ini beberapa usul tindakan dalam rangka mensyukuri ke properly-an penciptaan alam ini SBB :

1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Melupuskan sampah ke dalam tong sampah

3. Dispose of
garbage in the trash

4.
afvoeren van afval in de prullenbak

5. распоряжаться мусор в мусор

6. 쓰레기통에 쓰레기 처리

7.
ゴミ箱ごみを処分

(halaaah.. halaaah)

gambar nyomot di http://pellezewateverr.blogspot.com

Bingung




Ketika saya menulis ini saya dalam keadaan bingung ingin menulis apa, andapun sepertinya sudah tahu itu sejak dari awal membaca judulnya. Tapi saya memaksakan juga dan mencoba menulis apa yang saya rasakan sekarang ini, detik, menit, jam ini (halaaah).

Mungkin ada pihak yang senang melihat saya dalam keadaan bingung, tak tahu arah, tujuan apalagi (halaaah). Sepertinya ada yang mereka rencanakan untuk memanfaatkan kebingungan saya, mengirimkan bisikan halus, sehalus sutera, mendayu-dayu, agar saya terperdaya (halaaah.. Halaaah)

Meski saya sudah tanya mbah gugel tenteng obat kebingungan saya ternyata tidak ada satu obatpun yang cocok dan mengenakan kondisi fikiran saya. Detik-detik semakin menambah kebingungan saya apalagi yang harus saya tuliskan diblog saya tercinta.

Akhirnya untuk kesekian kalinya saya sudahi saja postingan ini karena bingung akut yang sangat. Saya hanya meminta do'anya semoga saya lekas sembuh..

Amiin..

(Gambar nyomot dari http://bebibebita.blogspot.com/)

Profokator



Dengar kata hati dan pergunakan akal sehat anda..
Kata ini tidak dalam rangka profokasi tapi menghimbau (halaah).

Hati
Hati adalah organ tubuh yang salah satu fungsinya detoksifikasi, memecah senyawa racun dalam tubuh. Hati juga diartikan bagian terdalam dalam diri manusia, penentu jiwa manusia, baik atau buruk. Dan penguasa hati adalah Alloh SWT.

Akal
Akal adalah suatu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan yang salah dan yang benar serta menganalisis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal, dari manusia pemiliknya (nyomot dari bang wiki). Inilah anugerah yang Alloh berikan kepada Manusia, yang tidak diberikan kepada hewan dan tumbuhan.

Dengan kedua perangkat ini mestinya manusia lebih dekat kepada Tuhannya dan terbebas dari kemelut dan kekacauan. Masalahnya adalah manusia terkadang lalai dan terlalu cenderung kepada emosi sesaat, yang selanjutnya dimanfaatkan oleh seorang profokator.

Langkah pertama yang sering dilakukan seorang profokator adalah mengacau-balaukan suasana hati atau memanfaatkan kekacau-balauan hati manusia. Kemudian selanjutnya menghambat kerja akal dengan meluap-luapkan emosi manusia, emosi yang negatif tentunya. Sesudah itu barulah dihembuskannya info-info profokasi yang tidak jelas benar atau salahnya, yang jelas sesuai pesanan ancur atau setengah ancur (halaaah).

Waspadalah.. Waspadalah..

(halaaah..)

Kepercayaan


Banyak orang ingin bisa dipercaya, saya termasuk didalamnya, salah satu keinginan saya adalah semoga saja ada orang yang secara sadar percaya kepada saya menyerahkan kunci mobil Honda FREED bernomor plat D1911ST dan berkata : "Saya ingin kamu menerima mobil ini, GRATISSS". Halaaah..

Ternyata kepercayaan adalah hal yang cukup mahal, yang hanya bisa ditebus dengan kejujuran dan pengabdian. Namun tidak begitu dengan kepercayaan Alloh, yang Dia berikan kepada manusia begitu pemurahnya Alloh meski manusia memiliki banyak kekurangan, malah Alloh menjanjikan terkabulnya doa bagi hamba-hambaNya, luarbiasa!!

Kembali kepada realita, saat ini untuk mendapatkan kepercayaan harus menjalani proses dan pengujian, butuh waktu yang tidak sebentar. Banyak yang berguguran dalam proses itu kemudian mengambil jalan pintas, jadilah seperti sekarang "Uanglah yang berbicara".

Bukan menafikan manfaat uang yang begitu besar sebagai alat tukar, namun akibat yang ditimbulkan adalah kesenjangan, kaya dan miskin, tidak ada lagi kepercayaan semua diukur dengan uang, termasuk dalam memilih pemimpin. Halaaah kok jadi ke situ ya..

Saya akan ikuti proses yang ada dengan ikhlas untuk memperoleh sebuah kepercayaan, semoga Alloh ridho dan menjadikan saya pemilik Honda FREED nomor plat D1911ST. Amiiin..

Definisi Korupsi

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. (Wikipedia)

DEFINISI KORUPSI MENURUT PERSPEKTIF HUKUM

Menurut perspektif hukum, definisi korupsi secara gamblang telah dijelaskan dalam 13
buah Pasal dalam UU No. 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan UU No. 20 Tahun
2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Berdasarkan pasal-pasal
tersebut, korupsi dirumuskan kedalam 30 bentuk/jenis tindak pidana korupsi. Pasalpasal
tersebut menerangkan secara terperinci mengenai perbuatan yang bisa
dikenakan sanksi pidana karena korupsi. Ketigapuluh bentuk/jenis tindak pidana
korupsi tersebut pada dasarnya dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Kerugian keuangan negara
2. Suap-menyuap
3. Penggelapan dalam jabatan
4. Pemerasan
5. Perbuatan curang
6. Benturan kepentingan dalam pengadaan
7. Gratifikasi
Selain bentuk/jenis tindak pidana korupsi yang sudah dijelaskan diatas, masih ada
tindak pidana lain yang yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi yang tertuang
pada UU No.31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001. Jenis tindak pidana yang
berkaitan dengan tindak pidana korupsi itu adalah:
1. Merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi
2. Tidak memberi keterangan atau memberi keterangan yang tidak benar
3. Bank yang tidak memberikan keterangan rekening tersangka
4. Saksi atau ahli yang tidak memberi keterangan atau memberi keterangan palsu
5. Orang yang memegang rahasia jabatan tidak memberikan keterangan atau
memberikan keterangan palsu
6. Saksi yang membuka identitas pelapor
5
Pasal-pasal berikut dibawah ini dapat dikaitkan dengan tindak pidana korupsi dalam
pengadaan barang dan jasa pemerintah.
2.1. Melawan Hukum untuk Memperkaya Diri
Pasal 2 UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
(1) Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya
diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan
negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur
hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20
(dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta
rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).
(2) Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1)
dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.
Rumusan korupsi pada Pasal 2 UU No. 31 Tahun 1999, pertama kali termuat dalam
Pasal 1 ayat (1) huruf a UU No. 3 Tahun 1971. Perbedaan rumusan terletak pada
masuknya kata ”dapat” sebelum unsur ”merugikan keuangan/perekonomian negara”
pada UU No. 31 Tahun 1999. Sampai dengan saat ini, pasal ini termasuk paling
banyak digunakan untuk memidana koruptor.
Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal ini,
harus memenuhi unsur-unsur:
1. Setiap orang atau korporasi;
2. Melawan hukum;
3. Memperkaya diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi;
4. Dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.
2.2. Menyalahgunakan Kewenangan
Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau
suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada
padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau
perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana
penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan atau
6
denda paling sedikit Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp.
1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).
Rumusan korupsi pada Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999, pertama kali termuat dalam
Pasal 1 ayat (1) huruf b UU No. 3 Tahun 1971. Perbedaan rumusan terletak pada
masuknya kata ”dapat” sebelum unsur ”merugikan keuangan/perekonomian negara”
pada UU No. 31 Tahun 1999. Sampai dengan saat ini, pasal ini termasuk paling
banyak digunakan untuk memidana koruptor.
Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal ini,
harus memenuhi unsur-unsur:
1. Setiap orang;
2. Dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi;
3. Menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana;
4. Dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.
2.3. Menyuap Pegawai Negeri
Pasal 5 ayat (1) UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
(1) Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5
(lima) tahun dan atau pidana denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh
juta rupiah) dan paling banyak Rp 250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta
rupiah) setiap orang yang:
a. memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara
negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara
tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang
bertentangan dengan kewajibannya; atau
b. memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara karena
atau berhubungan dengan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban,
dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatannya.
Rumusan korupsi pada Pasal 5 ayat (1) UU No. 20 Tahun 2001 berasal dari Pasal 209
ayat (1) angka 1 dan 2 KUHP, yang dirujuk dalam Pasal 1 ayat (1) huruf c UU No. 3
Tahun 1971, dan Pasal 5 UU No. 31 Tahun 1999 sebagai tindak pidana korupsi, yang
kemudian dirumuskan ulang pada UU No. 20 Tahun 2001.
7
Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal 5 ayat
(1) huruf a UU No. 20 Tahun 2001, harus memenuhi unsur-unsur:
1. Setiap orang;
2. Memberi sesuatu atau menjanjikan sesuatu;
3. Kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara;
4. Dengan maksud supaya berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya,
yang bertentangan dengan kewajibannya.
Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal 5 ayat
(1) huruf b UU No. 20 Tahun 2001, harus memenuhi unsur-unsur:
5. Setiap orang;
6. Memberi sesuatu;
7. Kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara;
8. Karena atau berhubungan dengan sesuatu yang bertentangan dengan
kewajiban, dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatannya.
2.4. Pemborong Berbuat Curang
Pasal 7 ayat (1) UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
(1) Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 7
(tujuh) tahun dan atau pidana denda paling sedikit Rp 100.000.000,00 (seratus juta
rupiah) dan paling banyak Rp 350.000.000,00 (tiga ratus lima puluh juta rupiah)::
a. pemborong, ahli bangunan yang pada waktu membuat bangunan, atau penjual
bahan bangunan yang pada waktu menyerahkan bahan bangunan, melakukan
perbuatan curang yang dapat membahayakan keamanan orang atau barang,
atau keselamatan negara dalam keadaan perang;
b. setiap orang yang bertugas mengawasi pembangunan atau penyerahan bahan
bangunan, sengaja membiarkan perbuatan curang sebagaimana dimaksud
dalam huruf a;.
c. ...
d. ...
Rumusan korupsi pada Pasal 7 ayat (1) huruf a dan b UU No. 20 Tahun 2001 berasal
dari Pasal 387 ayat (1) dan ayat (2) KUHP, yang dirujuk dalam Pasal 1 ayat (1) huruf c
UU No. 3 Tahun 1971, dan Pasal 7 UU No. 31 Tahun 1999 sebagai tindak pidana
korupsi, yang kemudian dirumuskan ulang pada UU No. 20 Tahun 2001.
8
Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal 7 ayat
(1) huruf a UU No. 20 Tahun 2001, harus memenuhi unsur-unsur:
1. Pemborong, ahli bangunan, atau penjual bahan bangunan;
2. Melakukan perbuatan curang;
3. Pada waktu membuat bangunan atau menyerahkan bahan bangunan;
4. Yang dapat membahayakan keamanan orang atau keamanan barang, atau
keselamatan negara dalam keadaan perang.
Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal 7 ayat
(1) huruf b UU No. 20 Tahun 2001, harus memenuhi unsur-unsur:
1. Pengawas bangunan atau pengawas penyerahan bahan bangunan;
2. Membiarkan dilakukannya perbuatan curang pada waktu membuat bangunan
atau menyerahkan bahan bangunan;
3. Dilakukan dengan sengaja;
4. Sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 ayat (1) huruf a.
2.5. Pegawai Negeri Menerima Hadiah/Janji Berhubungan dengan Jabatannya
Pasal 11 UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima)
tahun dan atau pidana denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah)
dan paling banyak Rp 250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) pegawai
negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal diketahui
atau patut diduga, bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan karena kekuasaan atau
kewenangan yang berhubungan dengan jabatannya, atau yang menurut pikiran orang
yang memberikan hadiah atau janji tersebut ada hubungan dengan jabatannya.
Rumusan korupsi pada Pasal 11 UU No. 20 Tahun 2001 berasal dari Pasal 418 KUHP,
yang dirujuk dalam Pasal 1 ayat (1) huruf c UU No. 3 Tahun 1971, dan Pasal 11 UU
No. 31 Tahun 1999 sebagai tindak pidana korupsi, yang kemudian dirumuskan ulang
pada UU No. 20 Tahun 2001
2.6. Pegawai Negeri Memeras dan Turut Serta Dalam Pengadaan Diurusnya
Pasal 12 UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
9
Dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4
(empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit
Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 1.000.000.000,00
(satu miliar rupiah):
a. ...
e. pegawai negeri atau penyelenggara negara yang dengan maksud menguntungkan
diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, atau dengan menyalahgunakan
kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau
menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi
dirinya sendiri;
f. ...
i. pegawai negeri atau penyelenggara negara baik langsung maupun tidak langsung
dengan sengaja turut serta dalam pemborongan, pengadaan, atau persewaan,
yang pada saat dilakukan perbuatan, untuk seluruh atau sebagian ditugaskan
untuk mengurus atau mengawasinya.
Rumusan korupsi pada Pasal 12 huruf e dan i UU No. 20 Tahun 2001 berasal dari
Pasal 423 dan 435 KUHP, yang dirujuk dalam Pasal 1 ayat (1) huruf c UU No. 3 Tahun
1971, dan Pasal 12 UU No. 31 Tahun 1999 sebagai tindak pidana korupsi, yang
kemudian dirumuskan ulang pada UU No. 20 Tahun 2001
2.7. Gratifikasi dan Tidak Lapor KPK
Pasal 12 B UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
(1) Setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap
pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan
dengan kewajiban atau tugasnya, dengan ketentuan sebagai berikut::
a. yang nilainya Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) atau lebih, pembuktian
bahwa gratifikasi tersebut bukan merupakan suap dilakukan oleh penerima
gratifikasi;;
b. yang nilainya kurang dari Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), pembuktian
bahwa gratifikasi tersebut suap dilakukan oleh penuntut umum.
(2) Pidana bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara sebagaimana dimaksud
dalam ayat (1) adalah pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling
singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun, dan pidana denda
10
paling sedikit Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp
1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
Pasal 12 C UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:
(1) Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 B ayat (1) tidak berlaku, jika
penerima melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada Komisi Pemberantasan
Tindak Pidana Korupsi.
(2) Penyampaian laporan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib dilakukan oleh
penerima gratifikasi paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak tanggal
gratifikasi tersebut diterima.
(3) Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dalam waktu paling lambat 30 (tiga
puluh) hari kerja sejak tanggal menerima laporan wajib menetapkan gratifikasi
dapat menjadi milik penerima atau milik negara.
(4) Ketentuan mengenai tata cara penyampaian laporan sebagaimana dimaksud
dalam ayat (2) dan penentuan status gratifikasi sebagaimana dimaksud dalam ayat
(3) diatur dalam Undangundang tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana
Korupsi.
Rumusan korupsi pada Pasal 12 B UU No. 20 Tahun 2001 adalah rumusan tindak
pidana korupsi baru yang dibuat pada UU No. 20 Tahun 2001. Untuk menyimpulkan
apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal 12 B dan 12 C UU No. 20
Tahun 2001, harus memenuhi unsaur-unsur:
1. Pegawai negeri atau penyelenggara negara;
2. Menerima gratifikasi (pemberian dalam arti kata luas);
3. Yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau
tugasnya;
4. Penerimaan gratifikasi tersebut tidak dilaporkan kepada KPK dalam jangka
waktu 30 hari sejak diterimanya gratifikasi.

| 0

Introspeksi



Setiap kali aku teringat masa kecil dulu, aku jadi ingin ketawa sendiri, coz masa itu masa aku masih bloon. Belum bisa menerima kesalahan diri, maunya menang dan menyalahkan orang lain. Meski salah tapi selalu mencari alasan dan menyalahkan orang lain atau mencari kesalahan orang lain untuk dijadikan tameng. Dasar bodoh, akhirnya masalah tak kunjung selesai dan berlarut-larut, tapi seiring berjalannya waktu bisa selesai juga ketika ada yang menengahi, biasanya kakaku atau orang tuaku.

Berbeda dengan masa sekarang mungkin kebodohan itu masih ada, tidak ingin disalahkan, tidak menerima kesalahan diri dan menyalahkan orang lain meski dalam kadar yang berbeda. Masa kecil itu lebih kental karena merasa sok pintar/sok tau, sedang masa sekarang tidak begitu kental karena mulai ada kesadaran diri masih bodoh dalam beberapa hal. Tapi bloonnya akan keluar ketika amarah tak terkendali, muncul ego dan ingin menang sendiri, sudah begini gawat, lampu merah.

Aku mencoba introspeksi diri, semoga kedepan akan ada perubahan sehingga aku bisa menjadi lebih baik dalam personality.

Langkah yang aku ambil saat ini adalah :
1. Mencoba melapangkan dada menerima kesalahan.
2. Terus berusaha memperbaiki diri.
3. Tidak mudah terprovokasi oleh omongan orang yang tidak jelas.
4. Mencoba sabar dalam proses perbaikan diri untuk terbebas dari kebodohan.

Siap.. Laksanakan..

| 0

SUCI


Bismillah..
Sebelumnya saya merasa surprise karena blogger kini tampilannya beda, secara saya baru mulai nulis lagi hari ini, postingan terakhir 25 juni. Tampilannya jadi lebih simple, nuansa putihnya kental, kalem banget. Sip.. soalnya saya suka warna putih, identik dengan suci, kembali kepada kesucian, sebentar lagi kan bulan Romadhon.

Berkaitan dengan kesucian, mungkinkah manusia akan suci dari segala kesalahan, clean. Sepertinya tidak bisa dan tidak akan pernah bisa, daripada kita memikirkan noda kecil kita di masa lalu mendingan kita berbuat lebih baik sehingga semoga noda kecil kita di masa lalu tertutupi dan menjadikan kita lebih baik. Rencanakan masa depan dengan usaha-usaha yang membangun diri menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Cara yang simple untuk memulai menjadi bermanfaat adalah selalu mengajak orang terdekat kita untuk berbuat baik dan mencegahnya berbuat maksiat, maksiat itu banyak bentuknya ; Marah-marah, Menganiaya orang lain, Narkoba, Miras, Judi, Pencurian, de el el. Meski hanya dengan ajakan lisan berupa saran atau teguran. Sekarang ini tidak banyak orang yang punya kebiasaan mengingatkan karena mereka sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri, sehingga kepekaan sosial menjadi hampir tidak ada.Dengan hilangnya kepekaan sosial akan timbul masalah-masalah, sampai hancurnya tatanan sosial.

Mari bersama kembali kepada kesucian dengan menjadi manusia yang lebih bermanfaat, salah satunya tidak segan mengingatkan orang disekitar kita untuk berbuat baik dan meninggalkan perbuatan maksiat. 

| 0

Kepekaan

Hari ini tak bisa dipungkiri cerah secerah mentari bersinar, tapi ada konsekuensinya udara lama kelamaan terasa panas, gerah, haus, sempurna sudah. Saatnya beli es cendol dan menyegarkan kerongkongan yang kemarau, beli disisi jalan dekat STT Telkom, sambil memandang sekitar tidak ada yang aneh. Tapi saat mulai menikmati es cendol yang berwarna hijau muda dan lembut pula, ada pemandangan yang membuat saya terenyuh, seorang bapak yang menjual agar2 dengan hanya menggunakan pikulan dan memakai sandal jepit. Sederhana penampilannya sesederhana dagangannya, kalau ditaksir kalaulah laku semuanya tidak akan lebih dari 20rb itu belum keuntungannya, kali kira2 20% jadi hanya 4000. Kelihatannya si bapak kepanasan dan dagangannya pun ikut kepanasan. saya merasa bersyukur Alhamdulillah, atas keadaan saya saat ini masih bisa menikmati es cendol disaat kepanasan ini sementara si bapak mungkin sudah kesana kemari berjualan dan belum juga habis laku terjual. Dalam hati saya mendo'akan semoga dagangan si bapak itu laku terjual atau Allah beri rizki yang lebih baik, terus terang saya belum bisa melakukan hal yang lebih baik selain mendo'akan.

Perjuangan kadang terasa berat dan selalu saja ada yang mengeluh,termasuk saya dulu, tapi sekarang saya mencoba untuk tidak mengeluh dan terus berjuang sekuat tenaga. Selalu ada yang bisa kita syukuri dalam kehidupan ini juka saja kita melatih kepekaan terhadap apa yang terjadi, ketika saya melihat bapak penjual agar2, saya menjadi berfikir kenapa saya harus mengeluh dan tidak mensyukuri kelebihan yang saya miliki dibandingkan bapak itu. bukan berarti saya merendahkan akan tetapi Allah telah memberi kelebihan kepada saya dalam hal materi, saya tidak perlu berdagang seperti si bapak, itu patut saya syukuri.

Kemudian saya juga melihat penjual bakso, yang tidak seperti biasanya, penjual bakso itu memiliki cacat fisik tangannya tidak bisa menggenggam sempurna. Dari situ saya jadi banyak istigfar karena dahulu saya selalu banyak mengeluh sementara penjual bakso itu tetap berjualan meski cacat yang dialaminya. Ampuni hamba ya Allah, yang sering berkeluh kesah.

Segala sesuatu tidak ada yang terjadi secara kebetulan, ini terjadi karena kehendak Allah, saya bersyukur masih diberi kepekaan atas apa yang terjadi dan bisa mengambil sedikit pelajaran. Semoga Allah memperbaiki amalku dan menjadikan aku pandai bersyukur.

Amiin

| 2

Tanaman Yang Terus Berbuah


Idealnya setiap tumbuhan menghasilkan buah, tapi ternyata buah yang notabene tempat cadangan makanan tanaman itu tidak harus berbentuk buah, bulat, lonjong, dan warna-warni. Maksudnya? begini, setiap tanaman memiliki ciri khas dan mereka pasti memiliki manfaat, meskipun itu seekor (emangnya ayam) rumput, setidaknya rumput yang panjang-panjang memberitahukan kalau halaman tempat tumbuh si rumput sudah lama tidak keurus. Buah bisa kita identikan manfaat. Buah yang kita kenal bisa dinikmati, dimakan langsung, dikupas, direbus, dibakar atau digoreng. Ini tidak soal rasa apakah itu manis, asem, asin, pahit. Tapi mengenai manfaat dibalik semua yang ada disekitar kita. Sudah saatnya kita rubah persepsi kita terhadap apa yang dinamakan buah, mulai sekarang buah adalah sesuatu manfaat yang bisa kita dapat dari sesuatu baik itu tanaman atau kondisi apapun.

Persepsi ini penting, sehingga kita dapat lebih mensyukuri tentang apa yang ada di sekitar kita. Setiap apapun yang ada disekitar kita akan menghasilkan buahnya, ada yang baik dan jelek. Kemudian, termasuk manusia juga akan menghasilkan buahnya, bukan hanya buah hati yang lucu, tapi buah manfaat bagi orang-orang disekitarnya. 

Seandainya saja saya bisa seperti tanaman yang terus berbuah, setidaknya jika saya tidak bisa memberi buah berupa materi, saya bisa memberi buah berupa hal lain yang bermanfaat, atau yang lain lagi, sehingga saya terus memberikan manfaat, terus dan terus..

Mungkinkah ini hanya jadi sekedar harapan?

   

Tanda - tanda

Kemarin malam Alloh SWT telah menunjukan tanda-tanda kekuasaannya, berupa gerhana bulan. Masihkah hati ini merasa besar, angkuh dan sombong. Melihat betapa besar kekuasaan-Nya, menjadikan matahari dan bulan beredar  dan menjaganya agar tetap di orbitnya. Sepantasnya kita bersyukur kepada Alloh SWT karena matahari dan bulan tetap dalam garis orbitnya. Seandainya matahari dan bulan tidak memiliki garis orbit maka sejak dari dulu bumi ini dalam kegelapan, musnah atau tinggal puing-puing.

Masihkah hati ini keras dan tak mau tunduk kepada aturan, sementara bumi ini dan segala yang dilangit, taat dan patuh kepada penciptanya, tetap pada garis orbitnya. Apakah kemilau dunia ini lebih menyilaukan mata dari pada tanda-tanda yang Alloh berikan berupa gerhana bulan yang tidak seorangpun bisa merubah garis orbitnya kecuali Alloh sendiri. Apalagi yang kita tunggu dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Dengan segala pengetahuan kita yang hanya setetes air, dibandingkan samudera ilmu Alloh, kita beralasan dan mengeluarkan argumen-argumen yang dibuat-buat untuk menghindar dari aturan-Nya. Menghindar dari aturan Alloh berarti tidak mau taat dan akan ada konsekuensi yang mesti diterima, sejarah sudah menunjukan bahwa siapapun yang tidak mau tunduk dan taat kepada aturan-Nya akan hancur dan hanya akan jadi puing-puing sejarah. Segeralah menuju ketaatan kepada Alloh SWT yang telah menciptakan kita, matahari, bulan dan alam semesta ini.

Dapat Kemuliaan Dengan Memuliakan


Definisi mulia kadang berbeda-beda, ada yang mendefinisikan mulia itu banyak harta, punya kedudukan, dihormati banyak orang, punya prestasi. Tapi kalau kita telisik lebih dalam maka setiap orang akan sepakat, bahwa orang yang mulia adalah orang yang berakhlak luhur, baik budi pekertinya. Seperti suri tauladan kita Rasulullah Muhammad SAW, siapapun yang mengetahui akhlak beliau bahkan musuhnya sekalipun, mengakui bahwa beliau orang yang mulia karena berakhlak dan berbudi baik.

Salahsatu akhlak baik adalah memuliakan orang tua kita, saudara kita, tetangga kita, tamu kita. Yang demikian telah Rasulullah contohkan dalam beberapa riwayat hadist.


Siapa yang mau hidup mulia? (Sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!, jadi kayak ke anak TK)

Mohon maaf jika ada kesalahan kata..

Terimakasih..

| 4

Setia dan Tak Bosan Selalu Mengingatkan

Salah satu nikmat yang kita harus syukuri adalah adanya teman disamping kita, dengan segala kekurangan dan kelebihan kita, mereka tetap disamping kita. Tidak hanya ada, mereka juga selalu mendoakan meski sebetulnya mereka bukanlah saudara kandung kita, maka bersyukurlah kepada Allah SWT. 

Meski tidak bisa dipungkiri dalam pertemanan, kadang ada kekecewaan, namun mereka juga manusia kadang berbuat salah. Memang butuh kelapangan dada yang ekstra untuk bisa menerima kekurangan teman, namun seiring berjalannya waktu maka seakan kekurangan itu tertutupi dengan kesetiaan mereka dan tak bosannya mereka mengingatkan dikala kita lupa dan khilaf.

Apakah ada yang lebih berharga dari seorang teman yang setia dan tak bosan-bosannya mereka mengingatkan kita ketika kita lupa dan berbuat salah, yang bisa jadi kesalahan dan lupa kita bisa berakibat sangat fatal. 

Sudahkah anda mengucapkan "Alhamdulillah" atas seorang teman anda yang setia dan tak bosan mengingatkan..

| 3

Satu Hari Sillaturahmi Satu Teman


Iseng-iseng yang mungkin bermanfaat, membuat program harian Satu Hari Silaturahmi Satu Teman (SHS2T). Silaturahmi bermakna luas dan dalam, bisa bermakna menyambungkan kembali yang terputus karena aktifitas, atau menguatkan kembali ikatan yang telah ada, dengan program ini sebagai wasilah (jalan .pen) nya.

Ini adalah langkah awal yang tadi terfikirkan dan saya mulai tuangkan dalam tulisan ini. Sepertinya sangat bermanfaat jika kita sama-sama bisa menjalankannya secara rutin, selain bisa mengetahui keadaan teman, bisa menyambung kembali ikatan pertemanan, juga bisa mendapat teman baru. 

Keutamaan menyambung silaturahmi sangat banyak semoga kita termasuk yang mendapatkan keutamaan ini. Keutamaan itu salah satunya adalah mendapat kedudukan yang tersendiri di sisi Allah SWT di hari akhir kelak. 

Ayo, siapa yang mau..

| 2

Sebuah Alasan dan Seribu Argumentasi

Hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin, artinya saya dalam kerugian, semoga ini tidak berlangsung lama. Melihat ke depan kawan, ini adalah keyakinan saya, mungkin ada yang tidak setuju atau kurang setuju, saya tahu anda pasti punya alasan untuk itu. Meski bagai manapun pasti ada hal yang bisa disyukuri atas apa yang sudah kita jalani dan pasti ada hikmah di dalamnya. Anda pasti pernah menjalani aktifitas yang berat dan membuat anda merasa terhimpit dan terbebani, namun kalau kita amati ternyata itu belum menjadikan kita sampai sekarat atau malah menyebabkan meninggal dunia atau mati, justru fikiran dan perasaan kita yang membuat keadaan menjadi lebih parah, sampai-sampai menjadikan aktifitas tidak fokus, lupa makan, lupa daratan, lupa tidur, dan lupa diri.

Namun saya percaya anda tidak akan mungkin sampai pada tahap yang saya sebutkan tadi, kecuali saya, yang pernah mengalaminya. Saya berharap anda tidak akan pernah mengalaminya, dan terjauh dari hal-hal yang demikian.

Sebuah proses adalah hal yang wajar dan berbeda-beda dalam hal masanya atau waktu yang dibutuhkan, tergantung ilmu yang dimiliki dan takdir Allah SWT. Walaupun sebelum kita berharap menjadi yang ditakdirkan mungkin kita harus terlebih dahulu mencari ilmunya. Ilmu kawan, dengan ilmu kita akan bisa mempunyai kekuatan yang bisa mempercepat proses kehidupan, dan memperkuat pegangan dalam kehidupan, kita hanya butuh satu alasan yang dengan ilmu kita akan punya seribu argumentasi untuk bisa menyampaikannya. Argumentasi yang bisa mempengaruhi opini dan pandangan, memperoleh banyak pendukung dan pengikut setia.

Yakin dan selalu berserah diri..

| 0

Yang tidak terlihat

Hari ini saya kembali mencoba untuk menulis perasaan saya yang campur aduk antara beban fisik dan beban mental, yang mungkin belum seberapa jika dibandingkan beban yang dipikul oleh para nabi dan rosul. Hanya ingin menuangkan sedikit unek-unek yang mungkin bisa kita ambil pelajaran, yang semoga bermanfaat.

Rutinitas yang selama ini saya jalankan sepertinya membuat saya jenuh, dari urusan kerjaan yang menumpuk, janji yang belum terrealisir, dan keinginan untuk istirahat sejenak. Meski harus saya sadari ini mesti harus dijalani sebagai proses menggapai cita-cita dan Kejenuhan ini bukan berarti harus membuat saya berhenti menjalaninya, tapi justru ini adalah tantangan untuk saya agar bisa bagaimana caranya supaya rutinitas ini lebih menyenangkan.

Baru-baru ini saya mulai menyadari bahwa sakit fisik kadang tidak disebabkan oleh beban fisik tapi kadang lebih dipengaruhi oleh beban perasaan, bagi orang yang bisa mengatur beban perasaannya mereka cenderung bisa sembuh dari sakit fisik lebih cepat. Seperti yang saya alami, ketika saya sakit kemarin, saya mencoba mengatur perasaan saya dari rasa khawatir dan menyerahkanya kepada Allah SWT, hasilnya saya relatif lebih cepat kesembuhannya dari teman-teman yang pada waktu bersamaan mengalami sakit.

Ini juga menyadarkan saya bahwa ada sesuatu yang tidak terlihat yang kadang terabaikan yang sebetulnya itu dekat, yaitu hati kita, dan kita tahu bahwa perasaan itu adanya di hati dan setiap manusia mempunyai hati.Sebelum jauh-jauh melihat keluar sana, perbaikilah yang dekat-dekat dulu. Oke.. 

| 0

Sensasi Yang Mengundang Kemarahan


Jakarta - Komunitas Yahudi untuk pertama kalinya merayakan hari kemerdekaan ke-63 Israel di Indonesia. Perayaan digelar pada Sabtu (14/5/2011) di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hujatan langsung membanjiri acara tersebut. Perayaan itu dianggap sebagai sensasi murahan dan membuat marah banyak kalangan.

Awalnya, peringatan kemerdekaan Yahudi itu akan akan digelar di sebuah lapangan di Jakarta Selatan di sebuah tempat yang masih dirahasiakan. Ketua panitia perayaan kemerdekaan Israel, Unggun Dahana menyatakan rencana perayaan kemerdekaan Israel bukan untuk mencari sensasi. Tujuan perayaan itu, justru untuk perdamaian.

"Saya ingin melaksanakan dengan maksud damai, murni ingin mewujudkan perdamaian Israel dan Palestina," jelas Unggun. Namun polisi tidak memberikan izin perayaan tersebut sehingga Unggun lantas membatalkannya. Namun ternyata sebanyak 28 anggota Komunitas Yahudi tetap menggelar acara tersebut di Puncak.

Sejak diumumkan, rencana perayaan kemerdekaan Israel langsung menuai kontroversi. Indonesia selama ini tidak pernah mengakui Israel sebagai sebuah negara. Sebab Indonesia bersama 130 negara di dunia mendukung kemerdekaan Palestina. Pemerintah pun menolak membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Dukungan Indonesia terhadap Palestina merupakan amanat dari Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Sehingga dengan demikian penjajahan negara manapun termasuk Israel terhadap Palestina akan ditentang oleh Indonesia. Selain itu, Indonesia dan Palestina mempunyai ikatan sejarah, Palestina lah yang mula-mula mengakui kemerdekaan Indonesia.

Buku 'Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri' karya Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia M. Zein Hassan Lc, mengungkap Palestina telah memberi dukungan atas kemerdekaan Indonesia di saat negara lain belum berani untuk memutuskan sikap. Dukungan sudah diberikan sebelum Soekarno-Hatta memploklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Pada 6 September 1944, mufti besar Palestina Syekh Muhammad Amin Al-Husaini yang melarikan diri ke Jerman lewat radio Berlin mengucapkan selamat atas kemerdekaan Indonesia bertepatan atas pengakuan Jepang atas kemerdekaan Indonesia. Muhammad Ali Taher, pedagang kaya raya Palestina menyerahkan seluruh uangnya di Bank Arabia tanpa meminta tanda bukti dan berkata, "Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia".

Maka tidak aneh, apapun yang berbau Israel atau Yahudi selalu mendapat penolakan dari banyak kalangan di Indonesia. Apalagi Israel tidak kunjung mewujudkan perdamaian dengan Palestina yang mentargetkan kemerdekaannya pada September 2011. Pekan ini misalnya, Israel melakukan serangan tembakan di perbatasan Lebanon. Serangan itu menewaskan 10 orang dan melukai 110 orang yang tengah menggelar demonstrasi mendukung kemerdekaan Palestina.

Dalam kondisi rasa solidaritas terhadap Palestina begitu tinggi, perayaan kemerdekaan Israel ibarat menyiramkan minyak pada api. Tindakan itu merupakan provokasi yang bisa menyulut ketersinggungan masyarakat Indonesia. Maka banyak kalangan, baik DPR, pemerintah maupun tokoh agama kontan menghujat rencana tersebut.

Kementerian Luar Negeri menentang acara itu karena Indonesia tidak pernah mengakui Israel."Kemlu sudah jelas, menolak posisi Israel dan tidak mengakui Israel. Kita sendiri tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Jadi Kemlu tidak mengakui perayaan Ultah tersebut," kata Jubir Kemlu Michael Tene.

Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) menilai perayaan HUT Israel merusak kewibawaan pemerintah. "Bagi mereka yang akan merayakan itu, saya imbau tidak melakukan itu. Karena hal itu bisa saja menyulut ketersinggungan masyarakat Indonesia, termasuk merusak kewibawaan pemerintah," kata SDAi.

Kalangan DPR pun marah dengan tetap digelarnya perayaan kemerdekaan Israel di Puncak. DPR meminta polisi memanggil dan memeriksa semua peserta perayaan kemerdekaan Israel Polisi diminta menyelidiki secara khusus motif perayaan kemerdekaan Israel tanpa izin itu.

"Komplotan ini harus dipanggil untuk dimintai keterangan. Polisi tentu berhak melakukan penyelidikan secara khusus," ujar Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

Kalangan agama pun tidak bisa menerima perayaan kemerdekaan Israel. Sekretaris Hubungan Antaragama Koferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Antonius Benny Susetyo menilai komunitas Yahudi tidak peka dan tidak bijaksana merayakan kemerdekaan Israel.

Tindakan merayakan kemerdekaan Israel, dinilai Romo Benny, sebagai tindakan yang over dosis. Selama perdamaian Palestina dan Israel belum tercapai, semestinya Komunitas Yahudi menahan diri.

"Harusnya mereka tidak perlu over dosis dalam hal ini. Saya kira sebenarnya kalau mereka mengaku sebagai WNI, mereka harus betul-betul tahu hidup bernegara," kata Romo Benny.

Ketum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Syuhada Bahri menyebut perayaan itu sebagai musibah besar yang harus ditolak.

Sumber : Detik.com

| 0

Rasa

Apa yang anda rasakan sekarang? Bisakah anda menjelaskannya? Selanjutnya apa yang ingin anda lakukan sekarang ini? Bagaimana cara anda mewujudkan keinginan anda? Dengan cara yang baik atau buruk? 


Banyak pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada anda, namun saya rasa ini bisa membuat anda bosan menjawabnya. Sudahlah, tidak usah difikirkan. 


Semoga hari anda menyenangkan dan membuat anda bahagia, sehingga hari ini menjadi hari yang paling membahagiakan dalam kehidupan ini.

| 7

Charlie Chaplin

Kelahiran Sir Charles Spencer atau Charlie Chaplin, aktor komedi, sutradara sekaligus komposer terkenal di era film bisu, ternyata dirayakan oleh mesin pencari Google.


Meski saya sudah coba untuk buka, ternyata tampilan seperti biasa, ngga tampil seperti gambar diatas, aneh, mungkin bisa jadi tampilan itu hanya pas tanggal ulang tahun Charlie Chaplin yaitu tanggal 16 April kemarin.  

Tapi yang menarik untuk saya, ada video Charlie Chaplin yang lumayan lucu, tapi tidak lepas dari logo google, bagi yang tertarik melihat kekocakan Charlie Chaplin made in google silahkan intip videonya di bawah ini.


 

Wassalam..

sumber : http://i-zones.blogspot.com/2011/04/happy-birthday-charlie-chaplin.html

Norman

Mungkin bukan berita baru, dan bukan gosip kalau Norman atau Briptu Norman Kamaru adalah seorang anggota Brimob di Gorontalo, sekarang terkenal dimana-mana. Bermula dari rekaman video yang berdurasi 6 menit 30 detik, yang diupload dan menyebar lewat Youtube, mungkin saya kira ini yang kedua kalinya ada orang yang terkenal bermula dari upload video rekaman sendiri setelah Sinta-Jojo lewat Keong Racunnya. Ini jadi fenomena dan patut jadi perhatian, betapa mudah dan gampang untuk menjadi fenomena hanya dengan menampilkan sesuatu yang berbeda dan menghibur, meski ditampilkan atau direkam dengan alat sederhana berupa Hape. Terlepas takdir yang Allah SWT menjadikan Norman terkenal, tapi ada pola yang serupa dari setiap fenomena, bila kita perhatikan.

Malam hari kemarin saya melihat Briptu Norman di layar kaca di sebuah stasiun televisi sedang bernyanyi dengan seorang artis terkenal, lengkap dengan pakaian seragam Polisinya. Orang yang lagi terkenal sepertinya akan dipersatukan/berkumpul dengan orang yang terkenal juga, buktinya adalah Briptu Norman. Ngomong-ngomong saya nulis sambil makan cemilan, dan menikmati lagu india yang dipakai Briptu norman untuk beraksi, mantap. Sampai mana tadi, ehm.. seperti saya perkirakan semoga ada benarnya, kalau kita ingin terkenal dan menjadi fenomena, mari kita berkaca pada fenomena yang sedang terjadi.

Faktor yang mendukung/menjadikan Norman menjadi fenomena adalah sebagai berikut :

1. Keadaan Masyarakat yang sedang menyukai hal-hal aneh tapi nyata, ada dan tervisualisasikan khususnya video, bukan hanya gambar, bukan gosip, yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

2. Semakin mudahnya akses informasi pada saat ini, dengan internet semua jadi mudah, dari fakta sampai gosip bisa disebarkan dengan mudah cukup klik. Tapi ini tidak lepas dari jaringan media yang lainnya yang mendukung.

Rasanya penyakit sok tahu saya sudah pada tahap memprihatinkan dan bisa membuat orang muntah, ya sudahlah saya cukupkan saja, toh saya lagi makan, kalau saya sampai melihat anda muntah bisa-bisa nafsu makan saya hilang.

Wasalam.. 

       

THE END

Arie terperangah, demi melihat sahabatnya nongol di depan televisi, sungguh aneh tapi nyata. Tapi memang tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, sesuatu memang bisa terjadi kalau semua sudah Allah takdirkan. Owh.. ternyata setelah sekian lama menghilang, tidak tampak batang hidungnya sampai bayangannya pun raib. Benar-benar surprise, Fan terlihat sedang diwawancarai oleh seorang wartawan,

"Bagaimana anda bisa dan mau-maunya datang kemari menjadi relawan?" tanya wartawan itu,

"Saya bisa sampai di sini karena terpanggil oleh rasa kemanusiaan saya, terus terang saya hanya orang yang cukup, cukup pas-pasan dalam hal keuangan, oleh karena itu saya menyumbangkan apa yang bisa saya sumbangkan yaitu tenaga saya untuk bisa membantu saudara-saudara saya yang tertimpa cobaan yang berat ini, terus terang saya merasa terpanggil, karena saya pernah merasakan apa yang mereka rasakan, kehilangan orang yang mereka kasihi dan cintai" jawab Fan lugas,

"Meski kita berbeda warna kulit, ras, kita wajib menolong saudara kita yang tertimpa bencana, hal ini saya lakukan demi kemanusiaan" tambahnya.

Dalam hati Arie merasa kagum, alangkah mulianya apa yang dilakukan Fan, yang ia kira pergi karena masalah yang dulu, antara Arie dan Fan. Tapi kenapa Fan pergi tanpa memberi kabar, aneh.

Fan ada dalam acara televisi yang meliput tentang upaya evakuasi pasca bencana tsunami yang terjadi di Jepang, Fan tampak cekatan membantu penduduk yang akan dievakuasi ke pengungsian. Akhirnya tercapai juga cita-citanya untuk pergi ke jepang pikir Arie, meski jepang sudah tersapu tsunami.

Belum habis kekaguman Arie melihat Fan, Handphone Arie berdering, dari nomor yang tidak dikenal, asing, "Halo?"
"Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.. Rie.. Aku Fan, kawan, aku sedang di Jepang, meski bukan dalam rangka liburan, tapi yang aku lakukan lebih baik dari sekedar liburan".
Belum sempat Arie menjawab,
" Aku telah mewujudkan salah satu impianku kawan, pergi ke Jepang, dan aku sempat diwawancara sebuah stasiun televisi dari tanah air, dari sejak kedatanganku ke Jepang  aku tak lepas berkata syukur Alhamdulillahirabbil'alamin.. karena aku merasa mendapat anugerah yang besar, mewujudkan mimpiku dan melakukan hal yang sangat mulia... Alhamdulillahirabbil'alamin.." sambung Arie.
"Jadi kau pergi ke Jepang, dan mengabaikan temanmu ini yang kesana kemari mencari kabarmu, terlalu.."

"He.. bukan begitu kawan, sementara ini Hapeku aku gadaikan dulu, sepedaku juga aku gadaikan, demi bisa pergi ke jepang, jadi aku tidak bisa menghubungimu, maaf ya..".

"Oh, ya sudahlah, baik-baiklah kau, jaga diri, ku tunggu oleh-olehnya".

"Ok, aku tidak bisa berlama-lama, Assalamu'alaikum.."

"Klik" suara telephone ditutup.

THE END

| 3