Film tentang Pembebasan Konstantinopel

“Konstantinopel akan dibebaskan di tangan seorang laki-laki. Maka sebaik-baik pemimpin adalah pemimpin yang membebaskan kota itu. Dan sebaik-baik tentara adalah tentaranya.”(HR. Ahmad)

Hadits di atas disampaikan dari lisan Rasulullah SAW kepada para sahabat lebih dari 1400 tahun yang lalu. Hadits inilah yang menginspirasikan para pemuda laki-laki berabad-abad berikutnya untuk berlomba-lomba membebaskan Konstantinopel.

Maka pada tahun 1453 M tersebutlah nama seorang pemuda yaitu Muhammad Al-Fatih. Dia bersama pasukan tentaranya berhasil membebaskan Romawi Timur (Byzantium) dengan ibu kotanya Konstantinopel. Padahal pada saat itu Konstantinopel adalah salah satu jantung kekuatan dunia, artinya bukan kota yang mudah untuk ditaklukkan. Dan setelah dibebaskan, kota ini berubah nama menjadi Islambul yang berarti kota Islam. Namun sejak Mustafa Kemal Ataturk, nama kota ini diganti menjadi Istanbul atau Istambul. Atas penaklukannya tersebut maka pemuda tersebut dijuluki “Al-Fatih” yang berarti sang penakluk.

Kisah heroik pembebasannya kini difilmkan dalam sebuah film produksi Turki. Secara resmi film ini berjudul “Fetih 1453” dan berbahasa Turki. Berdasarkan situs Aksoy Film Production, perusahaan yang memproduksinya, film ini dibuat sejak bulan September 2009 hingga Januari 2012. Dan menurut situs IMDb film ini akan dirilis secara resmi pada tanggal 17 Desember 2011 mendatang di Turki. Sedangkan rilis resmi di negara-negara lain akan dilakukan pada bulan Februari 2012.

| 0