Nulis malam-malam



Menulis adalah pekerjaan tangan sekaligus fikiran, orang yang bisa menulis dengan baik adalah orang yang luarbiasa menurut pandi. Betapa menulis merupakan hal yang sulit pada awal pandi menginjakan kaki ke entri baru postingan blog, mendadak fikiran yang awalnya dipenuhi ide-ide jadi blank.

Mungkin karena ada perasaan gimana-gimana gitu, takut bikin orang tersinggung, atau tulisannya ngaco, bikin orang bingung bacanya. Sekali lagi pandi tersadar bahwa pandi banyak-banyak kelemahan dalam hal menulis, intinya harus banyak belajar lagi.

Menjadi manusia pembelajar memang susahnya minta ampun, segala aral dan rintangan harus dihadapi. Rasa males adalah rintangan klasik dari sejak dulu kala, namun terus ada. Gusti Allah beri pandi kekuatan..

Mengeluh dan mengeluh mewarnai hari-hari, sampai kapan pandi akan begini. Roda akan terus berputar apapun yang terjadi pandi akan terus berusaha belajar menjadi lebih baik..

Hari ini bisa merupakan hari yang berat, soalnya tadi bolak-balik ke kota Bandung, stor uang, beli komponen servisan, dan di tengah jalan di SMS supaya cepet pulang karena listrik mati, minta dibenerin. Di jalan pandi berusaha ngak panik, tong ngarawu ku siku (sunda), kerjakan apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu, teruskan perjalanan untuk stor uang dan beli komponen habis itu pulang, benerin listrik.

Akhirnya semua beres, exelente.. berhasil.. berhasil.. berhasil.. hore..(Dora)

Pandi hanya berusaha melakukan yang terbaik, namun hanya gusti Allah yang maha menentukan hasil usaha pandi. akhirnya pandi hanya bisa mengucap syukur Alhamdulillah (segala puji hanya untuk Allah).

Buat mba Seiri hanako, terimakasih atas tanaman
Xanxivera-nya, bagus..



Tetep jalani hari dengan senyum, Yach..

| 7

PR pertama..

Ada PR dari mas darin, pandi akan berusaha menjawab, mohon dukungannya.. Ini dia..

1. Siapakah diri anda di rumah?

Pandi adalah seorang anak kedua orang tua yang melahirkan pandi, yang suka merasa, melihat , mendengar, dan berkata2 yang jelas bukan dusta..

2. Siapakah diri Anda menurut teman-teman Anda?
Seorang motivator yang sesekali harus juga di motivator, sakali ewang..

3. Sebutkan 5 benda yang diidamkan tetapi belum tercapai!
Motor baru.. laptop baru.. tabungan 10jt.. Rumah baru.. sawah..

4. Sapakah nama pasangan Anda?
Blom tau nich.. wallahu'alam..

5. Ceritakan 5 hal yang Anda suka dari pasangan Anda!
tadi udah dijawab blom tau jadi yang ini juga blom tau..

6. Kapan Anda menikah?

Ini apalagi blom tau..

7. Apa kenangan pahit Anda bersama pasangan Anda?
Waduh pasangannya juga blom ada, kenangan apa yach..

8. Lagu tema cinta Anda?
Lagu tema cinta, bukan cinta biasa, Afgan, he.. itu yang pandi inget.. yang lain lupa..

9. Perubahan apa yang ingin Anda lihat dari pasangan Anda?
Perubahan, blom bisa lihat apa2.. gimana..

10. Tag untuk 10 teman yang lain!
Siapa yach.. pandi serahkan amanah ini ke Ana, Andri, mba Inuel, Matakakiku, Abisabila, Umar, wawank, Kurniawan, Rubianto, Mayadah or maya.
Slamet dech..

Berhenti Sejenak

Menghirup udara, menghela nafas yang sedari tadi tergesa-gesa, mengaturnya supaya teratur, menikmati oksigen murni yang bersih. Menyamankan diri dengan menata nafas yang terburu-buru, berfikir ulang hakikat tujuan, menunda sejenak atau berhenti sejenak dari aktifitas yang menyibukan. Menggenggam kembali yang terserak, menata ulang, tak butuh waktu lama hanya 5 menit saja atau satu menit.

Waktu terus berlalu tapi terkadang bukannya lebih baik tapi jadi tidak menentu. Gelisah melanda jiwa dan bingung harus kemana. Berhenti sejenak. Menata jiwa..

Buta, Tuli, Bisu

Seorang buta yang berjalan2 di jalanan akan sangat terbantu ketika ada orang yang membantunya dengan menuntunnya. Seorang tuli yang kebelet dan sedang mencari wc akan sangat terbantu dengan memberikan isyarat atau tulisan yang memberitahukan wc ada di dekat mushola. Seorang bisu yang ingin ke kantor pos akan terbantu ketika kita memahami bahasa isyarat dan memberi isyarat agar berjalan lurus 100 m ke depan.
Kalau di ibaratkan sebuah masyarakat yang heterogen, akan kita temukan di dalamnya orang yang memiliki kesempurnaan jasad tetapi pada hakikatnya diantara mereka ada yang buta, tuli, dan bisu. Ketika ada plang yang tertulis buanglah sampah pada tempatnnya maka mereka yang membuang sampah tidak pada tempatnya adalah buta. Ketika ada orang yang dihimbau membuang sampah pada tempatnya tetap membuang sampah sembarangan maka dia adalah tuli. ketika ada orang yang diam saja tanpa merespon orang yang buang sampah sembarangan maka dia adalah bisu.
Yang pada intinya kita harus memahami, untuk berkomunikasi kepada setiap anggota masyarakat harus menggunakan bahasanya masing2. Dalam berkomunikasi kepada setiap anggota masyarakat bisa berbeda2 cara.
Mungkin sedikit aneh, kurang bisa dimengerti, apa maksudnya postingan ini. Pandi berharap tulisan ini bermanfaat.

| 7

Imitasi, Sugesti, Simpati, Empati & Identifikasi

Merupakan hal yang menarik dan menyenangkan bisa berinteraksi dengan orang lain, dan saling bertukar ilmu kehidupan. Di hari yang indah ini secara kebetulan atau tidak sengaja menemukan artikel singkat tapi untuk pandi ini ilmu baru, sengaja pandi jadikan postingan sekedar untuk share atau daripada ga nulis hari ini, he.. he.. pokoknya setiap hari tiada hari tanpa menulis, meski sedikit (pisan). Ini dia artikelnya..

Unsur Psikologi Pendorong Interaksi Sosial

Semoga bermanfaat..

ilmu baru.. semangat baru.. lebih berasa..

Ehem.. Ehem..  Sory telat.. bikin postingan malem2, belum tidur, mau tulis apa ini teh, duh bingung, udah dua periode sudah terlewat tanpa postingan update..
Meski demikian tak ada kata putus asa, hari ini pandi harus menulis sesuatu, tidak bisa tidak. Jari jemari telah siap kutak ketik merangkai kata, yang pastinya mengandung pelajaran yang pandi peroleh selama periode yang telah terlewati.
Mulai dari hari selasa yang lalu, pandi ikut acara yang lumayan menyibukan yang kalau dipikir ternyata gak sia2 meski persiapan seadanya. sekalian evaluasi, sharing, dan makan bareng2. acara terakhir adalah acara terfavorit.  Luarbiasa menjadikan pencerahan untuk pandi, ternyata pandi dikumpulkan dengan lagi2 orang2 luarbiasa, semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik2nya.
Dan hari rabunya hari2 berjalan normal kembali setelah sebelumnya acara yang lumayan sibuk, pandi hanya mengerjakan pekerjaan yang biasa2 aja yang rupanya diakhir terdapat pencerahan, tentang rahasia menulis yang baru pandi sadari, aneh kenapa baru pandi sadari. Dari sang guru, pandi mendapat pelajaran yang mencerahkan bahwa katanya : "Seorang yang baru mencoba menulis melakukan 3 pekerjaan sekaligus dia mencari ide dan menuangkannya dalam tulisan dan lalu mengeditnya secara bersamaan, jadi bisa dibayangkan akan betapa lamanya proses menulis, sedangkan penulis profesional mencari ide lalu menuangkannya terlebih dahulu yang kemudian mengeditnya."
Rasa terimakasih yang sedalam2nya saya haturkan kepada sang guru yang telah berkenan menurunkan setetes ilmunya kepada hamba yang kehausan akan ilmu pengetahuan. hatur nuhun..
Tulisan ini bukan untuk menggurui, hanya sharing, pandi belum kuasa mengaku sebagau guru, meski dibayar berapapun, berat nian tanggungjawab yang akan terpikul. Cukuplah pandi yang belajar dan melaksanakan pelajaran.. 
Pandi hanya bisa mengajak hayu terus belajar..
Setiap harinya tak lekang bibir berucap Alhamdulillah karena ilmu baru yang didapat..

| 5

Berproses.. sabar..

Seperti biasa aku jalani hari dengan penuh semangat, ada sugesti yang selalu aku terapkan,
"Hari ini akan menjadi hari yang indah dan menyenangkan dan tak seorangpun bisa merusaknya". Sugesti ini tidak muncul secara tiba2, ujug2, bimsalabim, ada proses panjang didalamnya, pengambilan kata2nya juga tidak asal, oleh karena itu bisa dibayangkan, hasilnya juga tidak akan tiba2, ujug2, bimsalabim, ada proses.

Meski hari2ku berat bagi sebahagian orang, aku hanya bisa tersenyum,
"Apa yang sudah telah orang jaman terdahulu alami, jauh lebih berat dari ini!" kataku di dalam hati.

Semoga Allah menjaga hati ini dari sifat ujub takabur, bahaya, kalau ada ujub takabur tiket masuk surga bisa angus,
"Tidak akan masuk surga seseorang yang didalam hatinya ada kesombongan".

Percayakah kau kawan, sahabat, teman, hariku kini lebih baik, rasa syukur sepantasnya kupanjatkan kehadirat Allah SWT, yang menjadikan hari ini lebih baik. Kalau dulu untuk belajar saja susahnya minta ampun, kini mudahnya bukan main, fasilitas tersedia lingkungan kondusif. Bersugestilah positiflah dan bersabar yang melahirkan rasa syukur, keberhasilan akan segera menyapa.

Mungkin suatu hari kita akan bertemu dalam kesempatan yang baik, dan akan saling bercerita tentang proses diri dan kesabaran kita dalam menjalani perjuangan kehidupan untuk jadi lebih baik.

Percayalah, kalaupun kau tak percaya aku akan terus melangkah menikmati proses dan bersabar yang melahirkan rasa syukur.

Tulisan ini kilasan hati yang diterjemahkan dalam deretan huruf papan ketik.
Selamat berproses.. Sabar..

Cerita yach..

Luarbiasanya pengaruh sebuah cerita, pada diri seorang manusia, lalu cerita itu jadi prinsip hidupnya. Pandi sendiri yang merasakannya, seperti yang pandi pernah baca tentang Nabi Ibrahim yang awalnya berkata ketika melihat bulan, " Inilah Tuhanku, dia besar dan bercahaya" lalu pada saat bulan itu tenggelam pada saat pagi hari dan digantikan matahari, "Wah, ini lebih besar dan lebih terang, inilah Tuhanku" dan pada saat matahari itu tenggelam pada sore hari "Aku tidak suka Tuhan yang tenggelam, Tuhanku adalah yang menciptakan Langit dan bumi serta seisinya".

Barang kali itu cerita yang masih terngiang dalam fikiran, dan cerita tentang seorang raja yang sombong yang mengaku dirinya sebagai tuhan, yang mengaku bisa menghidupkan dan mematikan, maka ketika Nabi Musa berkata " Tuhanku menerbitkan matahari dari timur maka terbitkanlah dari barat". Raja itu terdiam seribu bahasa.

Cerita akan begitu membekas, dari pada kata2 perintah, apalagi disertai rasa marah karena kesal, kenapa sih ngak nurut2.

Pandi mulai belajar, dan ingin mulai membudayakan tradisi bercerita yang unik dan berkesan.

Tulisan ini mungkin hanya kilasan fikiran pandi..
Semoga bermanfaat..

Sugesti

Seperti halnya seorang penghipnotis yang selalu memberikan sugesti pada orang yang dihipnotis, dan yang dihipnotis menurut saja. Seakan akan yang dihipnotis menjadi mesin yang dikendalikan penghipnotis. Menurut pandi itu hal yang luarbiasa, dan patut dicoba. Pandi jadi tergoda untuk mencoba, mencoba untuk menghipnotis.

Pandi coba mencari tahu artikel tentang sugesti dan akhirnya ketemu ini dia.

Seseorang bisa menghipnotis orang lain, kalau menghipnotis dirinya sendiri bisa ngga yach. Kayaknya bisa dan patut di coba, gagal itu biasa tapi kalau berhasil akan jadi luar biasa.

Mungkin hari ini pandi akan mencoba menghipnotis diri sendiri dan menanamkan sugesti :

"Hari ini akan menjadi hari yang indah dan menyenangkan dan tak seorangpun bisa merusaknya".

Mudah2an bisa.. Bismillah..

Baca Terus, Tulis Terus

Pandi bersyukur mengenal 2 hal, baca dan tulis, kedua hal ini merupakan anugerah yang luar biasa yang pandi rasakan. Meski rasa bosan kadang menerpa itu adalah wajar sebagai seorang manusia, dan pandi akan terus berusaha menularkannya kepada orang terdekat, keluarga, tetangga, sahabat, teman kantor de el el.
Mungkin sudah banyak yang sudah lebih dulu mengambil langkah untuk komitmen dalam kegiatan baca dan tulis ini. Walau demikian pandi merasa bersyukur pada hari ini pandi bisa menulis tentang 2 hal yang luarbiasa ini.
Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, dengannya pandi bisa menambah kosakata, menemukan hal aneh, menemukan hal ajaib, memperjelas mimpi-mimpi masa depan. Mungkin itu sebahagian, masih banyak yang bisa didapat dengan membaca.
Menulis adalah hal yang tak kalah menyenangkan, dengannya pandi bisa berbagi, saling memberi, menyatakan hasrat diri. Dan masih banyak yang lainnya.
Rasa syukur pandi atas nikmat yang tak ternilai ini akan pandi wujudkan salah satunya dengan secara rutin berkunjung ke sahabat blogger, dan memposting. Dalam beberapa hari ini pandi merasakan suasana yang berbeda, dengan bertambahnnya rutinitas yang satu ini, semoga Allah memudahkan segala usaha apa yang pandi niatkan.
Untuk sahabat blogger pandi mengucapkan terima kasih banyak, atas ilmu2 yang sangat bermanfaat yang kalian bagikan secara cuma2, asal mau berkunjung. bagi pandi ini luarbiasa..
keep blogwalking..

| 8

Tetangga oh..

Kanjeng Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : “Sebaik-baik teman di sisi Allah ialah yang terbaik kepada temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah yang terbaik kepada tetangganya”.
Sekedar merefresh ingatan tentang jasa2 tetangga kita, yang suka kirim kue saat lebaran, daging sapi/domba ketika Qurban, memberi pinjaman uang, mengirim undangan pengajian atau hajatan, memberi saran dan kritikan, memberi salam dan senyuman ketika dijalan. Munculah pertanyaan dalam diri bagaimanakah pandi bisa membalas segala jasa2 mereka.
Pandi telusuri dengan google artikel tentang tetangga.
Ketemu deh, artikel judulnya akhlaq kepada tetangga.
Semoga pandi diberi kemudahan untuk membalas jasa mereka, dan menjadi tetangga yang baik bagi mereka. Pandi akan berusaha..
Khusus kepada sahabat blogger pandi mengucapkan terimakasih banyak, yang sudah komentar, follow, semoga pandi diberi kemudahan untuk membalas komentar dan follownya dan semoga gusti Allah membalas dengan yang lebih baik.

Hak Ibu

Sekedar merefresh, kenangan tentang Ibu dan mungkin hal-hal yang belum sepenuhnya kita lakukan sebagai anak terhadap ibu kita tercinta..

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun –selambat-lambat waktu menyapih ialah setelah anak berumur dua tahun–, bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (Luqman: 14)

Pada suatu hari ada seseorang yang datang menghadap Rasulullah dan bertanya, “Ya Rasulallah, siapakah orang yang lebih berhak dengan kebaikanku?” Jawab Rasulullah, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawabnya, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawabnya, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawabnya, “Ayahmu.”

Pengulangan kata ibu sampai dengan 3x mengindikasikan bahwa hak seorang ibu terhadap anaknya adalah lebih besar dari pada ayahnya, dan kewajiban anak terhadap ibunya lebih utama dari pada kepada ayahnya.

Para ayah harap mengalah, dan maklum..

The power of word

Kanjeng Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : "Berkata-katalah yang baik atau diam". Ketika sebahagian orang membaca hadist ini mungkin akan berfikir bahwa ini bisa menghambat kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat.
Mari kita kupas kekuatan dari sebuah kata-kata.
Akan sama2 kita sadari kekuatan yang ada pada kata-kata, oleh karenanya dengan rasa cinta kanjeng Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya mengendalikan diri dalam menggunakan kekuatan kata-kata. Karena pada dasarnya hanya 2 efek yang tercipta dari sebuah kekuatan baik atawa buruk. Pergunakanlah kekuatan ini dengan bijak..

| 5

Putih, white shadow, suci

Entah kenapa hati ini merindukan warna putih, semoga ini bukan hanya sementara tapi akan berlanjut terus. Warna ini menjadi indah dalam pandangan mata, menjadikan hati tentram. Mata yang terbutakan warna-warna kini telah di basuh cahaya putih. Tulisan ini menjadi saksi bahwa warna ini akan menjadi naungan dalam hidup ini, meski warna-warna sangat menggoda.
Pandi merasakan hari-hari ini kelabu dan baru-baru ini bayangan putih seakan menghampiri kembali yang mudah-mudahan akan menaungi kembali sekarang dan selamanya. silahkan anda tafsirkan sendiri arti putih, namun setiap orang akan meng"iya"kan ketika kata putih identik dengan kesucian.
Semoga pandi selalu dekat kepada kesucian yang akan mendekatkan diri ini dengan Rab, sehingga tidak ada hijab.

| 7

Pasrah..

Tak ada tempat berpasrah kecuali kepada yang maha mengatur, yang maha pengasih dan penyayang. Perasangka ini seharusnyalah dijaga dalam diri sehingga apapun yang terjadi menjadikan kita tersenyum karena kita yakin dibalik sesuatu yang terjadi menyimpan kasih dan sayangNya, namun kita belum bisa menjangkaunya karena Dia tidak sama dengan kita, ciptaanya.
Ketika sesuatu hilang dari genggaman, maka kita yakin bahwa apa yang ada akan kembali kepada pemiliknya yang sebenarnya kita hanya dititipi.
Tulisan ini hanya kilasan dalam benak pandi, mudah2an ada benarnya..

| 3

Neo

Neo.. New.. Baru.. Masih hangat..
Secara fitrah manusia bersifat mudah bosan, namun inilah ujiannya, apakah akan istiqamah atawa murtad. Istiqamah berarti bertahan dalam keyakinan, sedang murtad keluar bahkan melawan keyakinannya.
Perubahan tampilan tak merubah apapun dari keyakinan, kecuali karena rasa bosan yang selalu akan ada. Pandi sedang mencoba mengikuti dorongan untuk mengubah sedikit tanpa merubah yakin dalam diri.
Semoga berarti dan menjadi lebih bermanfaat untuk hari esok.

| 2

Semangat kawan..

Energi kayaknya akan habis kalau tidak di chass ulang, untunglah, akan selalu ada tempat untuk menchass. seperti halnya baterai NiCad (Nikel Cadmium) yang bisa di chass, maksudnya setelah baterai itu habis maka bisa diisi ulang.
Jika semangat kita habis akan ada tempat menchassnya kembali, bahkan mungkin akan bertambah kapasitasnya seiring berjalanya waktu. Cari caramu untuk menchass dirimu yang paling baik, bisa jadi setiap orang berbeda.
keyakinan (faith) adalah sumber energi yang sangat besar..
Apa yang kamu yakini bisa jadi penentu akan seberapa kuat semangat yang kamu miliki..

| 3