Cerita yach..

Luarbiasanya pengaruh sebuah cerita, pada diri seorang manusia, lalu cerita itu jadi prinsip hidupnya. Pandi sendiri yang merasakannya, seperti yang pandi pernah baca tentang Nabi Ibrahim yang awalnya berkata ketika melihat bulan, " Inilah Tuhanku, dia besar dan bercahaya" lalu pada saat bulan itu tenggelam pada saat pagi hari dan digantikan matahari, "Wah, ini lebih besar dan lebih terang, inilah Tuhanku" dan pada saat matahari itu tenggelam pada sore hari "Aku tidak suka Tuhan yang tenggelam, Tuhanku adalah yang menciptakan Langit dan bumi serta seisinya".

Barang kali itu cerita yang masih terngiang dalam fikiran, dan cerita tentang seorang raja yang sombong yang mengaku dirinya sebagai tuhan, yang mengaku bisa menghidupkan dan mematikan, maka ketika Nabi Musa berkata " Tuhanku menerbitkan matahari dari timur maka terbitkanlah dari barat". Raja itu terdiam seribu bahasa.

Cerita akan begitu membekas, dari pada kata2 perintah, apalagi disertai rasa marah karena kesal, kenapa sih ngak nurut2.

Pandi mulai belajar, dan ingin mulai membudayakan tradisi bercerita yang unik dan berkesan.

Tulisan ini mungkin hanya kilasan fikiran pandi..
Semoga bermanfaat..