Norman

Mungkin bukan berita baru, dan bukan gosip kalau Norman atau Briptu Norman Kamaru adalah seorang anggota Brimob di Gorontalo, sekarang terkenal dimana-mana. Bermula dari rekaman video yang berdurasi 6 menit 30 detik, yang diupload dan menyebar lewat Youtube, mungkin saya kira ini yang kedua kalinya ada orang yang terkenal bermula dari upload video rekaman sendiri setelah Sinta-Jojo lewat Keong Racunnya. Ini jadi fenomena dan patut jadi perhatian, betapa mudah dan gampang untuk menjadi fenomena hanya dengan menampilkan sesuatu yang berbeda dan menghibur, meski ditampilkan atau direkam dengan alat sederhana berupa Hape. Terlepas takdir yang Allah SWT menjadikan Norman terkenal, tapi ada pola yang serupa dari setiap fenomena, bila kita perhatikan.

Malam hari kemarin saya melihat Briptu Norman di layar kaca di sebuah stasiun televisi sedang bernyanyi dengan seorang artis terkenal, lengkap dengan pakaian seragam Polisinya. Orang yang lagi terkenal sepertinya akan dipersatukan/berkumpul dengan orang yang terkenal juga, buktinya adalah Briptu Norman. Ngomong-ngomong saya nulis sambil makan cemilan, dan menikmati lagu india yang dipakai Briptu norman untuk beraksi, mantap. Sampai mana tadi, ehm.. seperti saya perkirakan semoga ada benarnya, kalau kita ingin terkenal dan menjadi fenomena, mari kita berkaca pada fenomena yang sedang terjadi.

Faktor yang mendukung/menjadikan Norman menjadi fenomena adalah sebagai berikut :

1. Keadaan Masyarakat yang sedang menyukai hal-hal aneh tapi nyata, ada dan tervisualisasikan khususnya video, bukan hanya gambar, bukan gosip, yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

2. Semakin mudahnya akses informasi pada saat ini, dengan internet semua jadi mudah, dari fakta sampai gosip bisa disebarkan dengan mudah cukup klik. Tapi ini tidak lepas dari jaringan media yang lainnya yang mendukung.

Rasanya penyakit sok tahu saya sudah pada tahap memprihatinkan dan bisa membuat orang muntah, ya sudahlah saya cukupkan saja, toh saya lagi makan, kalau saya sampai melihat anda muntah bisa-bisa nafsu makan saya hilang.

Wasalam..