Semangat Bekerja

Banyak pekerjaan di bumi ini, akan banyak orang sepakat tentang hal ini, pertanyaannya kenapa masih ada saja pengangguran? setelah diselidik punya selidik, tidak semua pekerjaan dapet duit, karena duit jadi fokus zaman ini untuk bisa bahagia, orang-orang lebih memilih nganggur daripada kerja tidak dapat duit. Celakanya nganggur bukan berarti diam, nganggur kadang jadi nekat, melakukan apa saja biar dapat duit, duit = bahagia, ini mungkin apa yang ada dalam pikirannya.

Mudah-mudahan kita terhindar dari pola pikir ini, duit = bahagia, apalagi sekarang mau lebaran, sebagian orang jadi ada perasaan kalau tidak pegang uang pas lebaran kayaknya jadi orang sengsara sedunia atau paling tidak se Indonesia karena ada tradisi lebaran. Meski ada sisi positif dalam tradisi lebaran, ada moment silaturahmi, saling menyambung tali kekeluargaan dan persaudaraan. Sudah hukum Allah bagi siapa yang berkerja pasti akan mendapatkan hasilnya, tapi hasil itu tidak sama dengan duit.

Aku mulai mencoba pola pikir, Bekerja = Dunia & Akhirat, karena duit itu terlalu sempit saudara-saudara, kena inflasilah, ilang, disita KPK, dsb. Butuh kesabaran untuk bisa mencobanya, karena ternyata setelah bekerja cape-cape belum tentu langsung dapat itu Dunia & Akherat, butuh proses saudara-saudara, karena cara bekerja kita harus dievaluasi, udah benar atau masih banyak yang salah-salahnya.

Berat, memang berat, tapi sebanding, karena hasilnya tidak tanggung-tanggung, Dunia & Akherat, ditanggung tidak akan menyesal, full kebahagiaan. Itulah yang Al Qur'an tawarkan kepada kita yang ingin bekerja untuk mendapat kebahagiaan, fokusnya bukan hanya Duit/Dunia tapi juga Akherat. Sekarang-sekarang ada fenomena yang unik, Duit/Dunia kadang sulit didapat kalau kita melupakan Akherat, aneh tapi nyata.

sumber

Terus bekerja ya..   mudah2an dapat lailatulqodar juga ya.. Amiin.