Mau Monitor CRT atau LCD?

Secara umum monitor yang sering anda jumpai adalah CRT (Cathrode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Saat kita diberi pilihan monitor, CRT atau LCD? jangan dulu memberi pilihan sebelum baca tulisan ini (maksa).

Monitor CRT
Keuntungan yang anda dapat dari membeli monitor CRT adalah harganya yang lebih murah dari LCD, Saturasi warna yang stabil dibanding LCD, apabila anda menyukai permainan atau games yang cepat di komputer maka sebaiknya anda memilih CRT karena LCD mempunyai respon gambar yang cukup lambat. 
Kekurangannya monitor CRT biasanya menyita tempat, berat, dan kadang boros listrik (daya listrik tinggi).
Tips membeli monitor CRT, kalau bisa anda membeli monitor yang layar datar (Flat) karena dapat memberikan tampilan yang lebih baik, dan perhatikan frekuensi gambar monitor, sebagian monitor tidak bisa menampilkan gambar dengan frekuensi tinggi.  


Monitor LCD
Keuntungan yang bisa anda dapat dari monitor LCD yang pertama, tidak menyita tempat (simple), resolusi gambar rata-rata sudah tinggi, monitor yang sering kita temui terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut, dan monitor LCD biasanya lebih hemat listrik. 
Kerugiannya salah satunya adalah harganya yang lebih mahal dan semakin besar LCD kemungkinan kehilangan saturasi warna akan semakin besar. 
Tipsnya Cek LCD anda dalam kondisi penerangan dan sudut pandang yang berbeda, biasanya beberapa monitor tidak dapat dilihat dalam kondisi terang atau dalam sudut pandang kanan atau kiri yang terlalu jauh. sebaiknya hindari untuk membeli, apabila anda mendapatkan Dead Pixel di monitor yang akan dibeli. Dead Pixel dapat kita lihat secara kasat mata pada saat layar dalam keadaan kosong (warna hitam) dimana biasanya berupa satu atau beberapa titik berwarna hijau atau merah.  

Begitulah, selanjutnya terserah anda..

 
 

| 8