Data Hardisk Terhapus, Ini Solusinya!


Bila anda secara tidak sengaja menghilangkan data anda, contohnya partisi pada Hardisk, logical drive yang terhapus atau Hardisk secara tidak sengaja terhapus. Persiapkan langkah langkah seperti dibawah ini
* Cara yang terbaik adalah mengunakan 2 Hardisk. Hardisk yang mengalami kerusakan, atau hilang data digunakan sebagai Hardisk kedua. Sedangkan Hardisk pertama digunakan sebagai sistem recovery dan melakukan backup data yang hilang.
* Bila anda memiliki 1 buah Hardisk berisikan boot sistem dengan 1 partisi dengan Primary Partition. Langkah terbaik untuk tidak mengunakan Hardisk tersebut untuk melakukan recover. Gunakan Hardisk lain untuk melakukan recover dengan menginstal software recovery data. Upaya ini untuk mencegah data anda terhapus secara permanen.
* Bila anda memiliki beberapa drive letter misalnya C,D,E. Anda dapat mengunakan Hardisk untuk melakukan recovery data. Dengan catatan tidak menginstall kegiatan penulisan pada drive letter yang berisi data penting dan telah terhapus secara tidak sengaja. Sebagai contoh, Data anda berada didalam drive letter E. Maka anda tidak boleh mengunakan Drive letter E untuk menginstall program apapun. Program recovery data dapat ditempatkan pada drive letter lain misalnya di D dan C.
* Bila secara tidak sengaja anda menghapus partisi Hardisk anda. Anda tidak boleh mengunakan Hardisk tersebut untuk melakukan install software apapun. Gunakan Hardisk lain untuk mencari data anda didalam Hardisk yang terhapus.
* Sekalipun Hardisk anda telah kehilangan informasi atau Hardisk anda mulai mengalami gangguan seperti bad sector. Sistem recovery data dapat melakukan pengembalian data anda. Asalkan Hardisk masih dapat dikenal oleh Hardisk pembantu untuk melakukan recovery
* Software recovery data hanya melakukan pengembalian data anda yang terhapus secara tidak sengaja. Tetapi tidak mengembalikan bentuk partisi anda seperti semula.
Software untuk me-recovery data yang terhapus pada Hardisk
• Get Data Back.

• Stellar Phoenix FAT & NTFS

• Tune-Up UTILITIES

• Cara lain adalah menggunakan accessoris yang terdapat pada Windows.

Setelah kita masuk ke Accessoris,kita akan menemukan system recovery dan disana kita akan melakukan pemanggilan data yang sudah terhapus/hilang di waktu tertentu, Kita cukup mengikuti instruksi yang terdapat pada system restore tersebut.

Sumber :  Trisandiyana.wordpress.com