Tanaman Yang Terus Berbuah


Idealnya setiap tumbuhan menghasilkan buah, tapi ternyata buah yang notabene tempat cadangan makanan tanaman itu tidak harus berbentuk buah, bulat, lonjong, dan warna-warni. Maksudnya? begini, setiap tanaman memiliki ciri khas dan mereka pasti memiliki manfaat, meskipun itu seekor (emangnya ayam) rumput, setidaknya rumput yang panjang-panjang memberitahukan kalau halaman tempat tumbuh si rumput sudah lama tidak keurus. Buah bisa kita identikan manfaat. Buah yang kita kenal bisa dinikmati, dimakan langsung, dikupas, direbus, dibakar atau digoreng. Ini tidak soal rasa apakah itu manis, asem, asin, pahit. Tapi mengenai manfaat dibalik semua yang ada disekitar kita. Sudah saatnya kita rubah persepsi kita terhadap apa yang dinamakan buah, mulai sekarang buah adalah sesuatu manfaat yang bisa kita dapat dari sesuatu baik itu tanaman atau kondisi apapun.

Persepsi ini penting, sehingga kita dapat lebih mensyukuri tentang apa yang ada di sekitar kita. Setiap apapun yang ada disekitar kita akan menghasilkan buahnya, ada yang baik dan jelek. Kemudian, termasuk manusia juga akan menghasilkan buahnya, bukan hanya buah hati yang lucu, tapi buah manfaat bagi orang-orang disekitarnya. 

Seandainya saja saya bisa seperti tanaman yang terus berbuah, setidaknya jika saya tidak bisa memberi buah berupa materi, saya bisa memberi buah berupa hal lain yang bermanfaat, atau yang lain lagi, sehingga saya terus memberikan manfaat, terus dan terus..

Mungkinkah ini hanya jadi sekedar harapan?