2 Alasan Bangun Subuh

Udara dingin serasa menusuk sampai ke tulang, baru saya sadari saya tidur tidak pake selimut, mungkin saking lelahnya tadi malam, saya langsung terlelap tidur, bersamaan dengan itu adzan berkumandang, adzan subuh. Maksud hati untuk tidur berselimut, tapi sepertinya harus disudahi, sholat lebih utama dari pada tidur lagi, saya harus bersyukur kepada Alloh yang masih memberi saya kesempatan, diberi umur, untuk bangun dari tidur sementara ada yang sudah tidur tidak bangun-bangun lagi.

Meski udara dingin, saya paksakan ke kamar mandi untuk wudhu, meski idealnya mandi, tapi saya tidak mau ketinggalan sholat berjama'ah. Jarak masjid tidak terlalu jauh 50 meter-an dari rumah, dan sesampainya di masjid, beruntung saya tidak ketinggalan dan tepat waktu, jadi sholatnya berjamaah. 

Setidaknya saya memiliki 2 alasan kenapa memilih bangun subuh dibanding berselimut dan tidur waktu itu, yaitu sebagai berikut :

1.      Keutamaan Ibadah. Ibadah sholat subuh berjamaa'ah berpahala 27 derajat dan disaksikan para malaikat, ini juga sebagai tanda syukur saya, masih diberikannya kesempatan untuk memulai hari kembali, jadi bangun subuh adalah anugerah bukan musibah.

2.      Keutamaan Aktifitas. Aktifitas yang baik adalah sesuatu yang dipersiapkan sedini mungkin, termasuk aktifitas belajar untuk anak sekolah, aktifitas kerja bagi yang kerja, aktifitas usaha bagi para pengusaha. Waktu subuh bisa dipakai waktu persiapan.


Keutamaan ini menurut saya sangat sayang kalau disia-siakan, oleh karena itu saya berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin. Semoga selalu bisa seperti itu.


| 4