Anda butuh uang?


Waktu adalah uang, hidup perlu uang, cinta butuh uang, dan lain sebagainya, begitu hebatkah uang?

Sebelumnya saya mencoba merekam definisi uang menurut bang wikipedia dot org :

"Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran."

"Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran."

Adanya uang tidak lepas dari kesepakatan secara umum untuk menggunakan uang sebagai alat tukar, dan uang dipercaya mempermudah pertukaran dan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.  

Kebutuhan kita akan uang, yang kadang dalam persepsi kita bisa membeli apa yang kita butuhkan, membuat fokus fikiran kita dalam beraktifitas adalah untuk mendapat uang. Yang ingin saya tanyakan apa yang sedang anda butuhkan? (tolong anda tuliskan di kotak komentar..). 

Kalau kebutuhan kita bukanlah uang, yang umumnya berupa lembaran kertas yang tidak bisa dimakan atau dijadikan selimut tidur, maka fokus fikiran kita diperluas, bisa jadi apa yang kita butuhkan tidak selalu kita peroleh dengan uang saja. Sehingga baiknya dalam beraktifitas kita rubah fokus fikiran kita menjadi :
"Untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan dengan kwalitas terbaik maka saya harus berusaha dengan usaha terbaik, sesuatu yang terbaik akan menghasilkan yang terbaik juga". Itulah yang saya fikir akan meningkatkan produktifitas dan sekaligus kwalitas.

Ini saya tulis ketika saya bingung mencari uang untuk membayar cicilan motor, ketika itu saya berfikir kalau saya tidak bisa membayar maka kendaraan yang saya butuhkan untuk bekerja akan lenyap, ternyata ketika motor itu lenyap, seorang sahabat memberi saya pinjaman motor, setelah itu saya mulai merubah cara berfikir Tidak semua yang kita butuhkan didapat dengan uang, dan untuk mendapat hasil yang terbaik ya dengan usaha terbaik".

Semoga bermanfaat..