Perubahan..


Setiap hari akan banyak sekali pelajaran yang akan kita dapat, syaratnya satu asal kita berfikir terbuka (Open Mind kalau bahasa kerennya). Pelajaran yang kita dapat kadang diulang-ulang entah apa, dimana, kapan. Pengulangan-pengulangan pelajaran ini merupakan penekanan dari sang pencipta terhadap kita yang menjalani kehidupan ini supaya menjadi ingat terus, bisa jadi itu adalah kelemahan kita. Seorang ustad pernah berkata : “seorang muslim tidak akan terperosok kedalam lubang yang sama”. Inilah manfaat kita mengambil pelajaran dalam setiap peristiwa yang kita alami, agar salah satunya tidak terperosok kedalam lubang (Blackhole; ini istilah saya) masalah yang sama. Ya begitulah hidup kadang kesalahan yang sama selalu berulang, itu tidak berarti menghapus keimanan kita sebagai seorang muslim namun inilah pelajaran yang Allah berikan dan tentukan. Yang terpenting adalah jangan ada sikap putus asa, selama kita berkeinginan menjadi lebih baik maka tidak ada istilah: “kagok”, ”Kepalang basah”, “Terlanjur”. Lalu ujung-ujungnya tidak mau berubah menjadi lebih baik, salah “besar”.
Perubahan diri yang baik adalah melalui tahapan-tahapan, tidak instan. Berkesinambungan dalam mengambil pelajaran disetiap waktu, kejadian, dan tempat, itu adalah jalan yang tercepat (tol kalau dilalulintas). Mengapa demikian karena perubahan yang tiba-tiba (instan) kadang disertai kepentingan lain yang sifatnya temporer (sementara). Jadilah perubahannya sementara habis itu kembali drop.
Sama-sama kita tahu yang namanya perubahan adalah kesesuatu, kekeadaan yang lebihbaik. Jangan sebaliknya atau bahkan lebih buruk atau binasa (Ih.. jangan sampai). Seseorang harusnya bisa memperhatikan bila melihat sesuatu dengan benar, terbuka.
Ternyata penjajahan belum sepenuhnya lenyap, bahkan berubah bentuk menjadi lebih canggih “penjajahan pemikiran” (belum nyiptain istilahnya). Untuk membuat seseorang lemah tidak harus mengikatnya dengan tali ataupun rantai. Tapi dia diikat oleh cara berfikirnya, dengan cara memasukan cara berfikir yang akan membuatnya tidak bisa berkutik meski tangan dam kakinya tak diikat walau dengan sehelai rambutpun. Dengan memasukan pikiran keragu-raguan untuk bisa berubah menjadi lebih baik pada seseorang maka orang itu akan binasa meski tak disentuh dengan senjata. Begitukah hebatnya fikiran kita, makanya seorang ustad pernah berkata : “ perubahan pertama yang bisa membuat kita terbang tinggi adalah merubah cara berfikir dan cara pandang”.
Berubahlah menjadi lebih baik, harapan itu masih ada..

| 0