22 March 2010

Buta, Tuli, Bisu

Seorang buta yang berjalan2 di jalanan akan sangat terbantu ketika ada orang yang membantunya dengan menuntunnya. Seorang tuli yang kebelet dan sedang mencari wc akan sangat terbantu dengan memberikan isyarat atau tulisan yang memberitahukan wc ada di dekat mushola. Seorang bisu yang ingin ke kantor pos akan terbantu ketika kita memahami bahasa isyarat dan memberi isyarat agar berjalan lurus 100 m ke depan.
Kalau di ibaratkan sebuah masyarakat yang heterogen, akan kita temukan di dalamnya orang yang memiliki kesempurnaan jasad tetapi pada hakikatnya diantara mereka ada yang buta, tuli, dan bisu. Ketika ada plang yang tertulis buanglah sampah pada tempatnnya maka mereka yang membuang sampah tidak pada tempatnya adalah buta. Ketika ada orang yang dihimbau membuang sampah pada tempatnya tetap membuang sampah sembarangan maka dia adalah tuli. ketika ada orang yang diam saja tanpa merespon orang yang buang sampah sembarangan maka dia adalah bisu.
Yang pada intinya kita harus memahami, untuk berkomunikasi kepada setiap anggota masyarakat harus menggunakan bahasanya masing2. Dalam berkomunikasi kepada setiap anggota masyarakat bisa berbeda2 cara.
Mungkin sedikit aneh, kurang bisa dimengerti, apa maksudnya postingan ini. Pandi berharap tulisan ini bermanfaat.

7 comments:

  1. Begitulah.., ternyata seringkali kita tiba-2 menjadi orang yang buta, tuli dan bisu saat pelanggaran terjadi.

    ReplyDelete
  2. Saya coba mengambil intisari dari artikel ini. Bahwasanya komunikasi dua arah adalah penting, bukan monolog yang hanya mementingkan kepentingan pribadi.
    Dengarlah sebelum kau didengar, itu sudah pas menggambarkan hal ini. Dialog dengan bahasa yg saling dimengerti kedua pihak, akan memperlancar segala urusan.
    Yah..kira2 gitu deh kang pandi :)

    ReplyDelete
  3. @catatan kecilku : begitulah..
    @darin : begitulah..

    ReplyDelete
  4. saling memahami dan kerjasama,
    jangan banyak bicara tapi dengarlah lebih banyak

    ReplyDelete
  5. yah, buadaya kita memang berbeda dari bangsa barat..

    inikah budaya timur yang ktia agung agungkan..?

    ReplyDelete
  6. umumnya manusia menjadi buta dan tuli jika dihadapkan pada aturan yg mengekang

    ReplyDelete
  7. selamat malam sob salam kenal sekalian folow d tunggu baliknya

    ReplyDelete

Terima kasih, sudah berkunjung..