Cukup 2 alasan orang menyukai anda

Ingat seorang sahabat yang dirumahnya banyak sekali pajangan-pajangannya, pajangan disini adalah berupa piagam-piagam penghargaan, dan tidak sedikit piala kejuaraan dari tingkat kecamatan sampai provinsi bahkan nasional. Siapa sih yang tidak suka mempunyai sahabat yang berprestasi?, tentunya kita merasa bangga dengan sahabat kita yang berprestasi ini, atau mungkin juga jadi inspirasi supaya kita juga bisa berprestasi.
Terdorong dari rasa penasaran, kenapa sih orang yang berprestasi disukai banyak orang? Apakah ini hanya masalah keberuntungan, nasib baik, takdir?. Pasti ada ilmu yang bisa diambil dan dipelajari, yang kemudian diaplikasikan sehingga kita bisa seperti mereka.
Berikut ini masih berupa kesimpulan saya setelah memperhatikan sahabat-sahabat yang berprestasi, alasan mengapa mereka disukai orang, mungkin hanya dua yang pokok yaitu sebagai berikut :  
1.       Jujur
Jujur disini memiliki makna luas, benar perkataanya, perbuatanya sama dengan yang dikatakan, sehingga ujung-ujungnya dapat dipercaya. Kejujuran seseorang akan menarik perhatian, yang pada dasarnya manusia menyukai orang yang jujur, karena manusia mana yang mau dibohongi? Ketika anda dikenal jujur maka anda akan disukai banyak orang.
   
2.       Suka Memberi
Memberi dalam makna luas bukan hanya memberi traktiran makan atau uang, karena kebanggaan, inspirasi, motivasi juga adalah hal yang bisa kita berikan kepada orang lain, tentunya kebanggaan, inspirasi dan motivasi yang baik, sehingga berpengaruh baik pula. Seperti sahabat saya diatas secara tidak langsung dia telah memberi saya kebanggaan, inspirasi dan motivasi sekaligus supaya saya bisa berprestasi.  

| 5