Semangat Merah Putih

Ingat kembali dengan bendera kebangsaan negara kita tercinta, simple tapi bermakna dalam, sang merah putih, merah diatas dan putih dibawahnya. Bermakna dalam karena mempunyai banyak filosofi, Merah bermakna berani dan putih bermakna suci, atau Merah melambangkan raga manusia dan putih melambangkan jiwa manusia. Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih). Apakah itu tidak membuat kita bangga dengan sang merah putih?.

Meski ada juga bendera negara lain yang hampir sama seperti Monako, singapura dan polandia. Warna boleh sama, tapi pemaknaan dan sejarahnya pasti berbeda. Sang merah putih resmi dikibarkan dan diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 17 Agustus 1945, tepatnya saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sejak itu sang merah putih mulai dikibarkan dari sabang sampai merauke.

Hari ini, ada yang hilang, dimana sang merah putih hanya sebatas simbol, semangatnya telah redup atau hilang sama sekali, ditelan kasus-kasus korupsi dan ketidak adilan. Keberanian untuk membela yang benar telah hilang dan kesucian jiwanya telah musnah ditelan angkara murka. Keadaan ini sungguh memilukan.

Meskipun demikian bukan saatnya menyerah dan kalah, harapan itu akan selalu ada, perubahan itu bisa dimulai dari diri-diri kita, mulai dengan menanam kembali semangat itu dengan penuh kesungguhan. Dengan keberanian membela yang benar dan mensucikan jiwa-jiwa kita dari angkara murka, kejayaan indonesia hanya masalah waktu.

Keberanian itu bisa dimiliki dan kesucian itu bisa kembali jika kita sungguh-sungguh, mulailah dengan diri sendiri kemudian dengan hal yang ada disekitar kita, saya percaya semangat merah putih akan bisa berkibar kembali.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Bendera_Indonesia

| 0