Usaha Kecil Untuk Menjalin Ikatan Hati

Kalau diibaratkan bedanya hitam dan putih itu seperti terang dan gelap, bedanya gula dan garam itu seperti senyum dan cemberut, kalau bedanya saya dengan dia kira-kira seperti apa ya?, tapi yang jelas ada saja pembeda antara yang satu dengan yang lainnya. Harus disadari dan dimaklumi kalau perbedaan adalah hal yang lumrah bukan rahasia dan tabu untuk dikemukakan, dan memang segala sesuatu di dunia berpasangan yang notabene keduanya berbeda.

Ada kesamaan yang menyatukan, dan itu adalah ikatan yang abadi yaitu ikatan hati, kedua insan yang meski berbeda bisa menyatu karena adanya ikatan itu. Dengan ikatan itu mereka tidak berselisih karena perbedaan, dengan ikatan itu timbul rasa saling memahami satu sama lain, ujung-ujungnya saling melengkapi. Maka memohonlah kepada Alloh untuk mengikatkan hati-hati kita dengan orang disekitar kita, karena meski begitu banyaknya perbedaan dengan izin Alloh semuanya akan menyatu.

Saya mencoba menuliskan usaha kecil yang bisa dilakukan untuk membuat ikatan hati itu terjalin, semoga bermanfaat, usaha kecil itu diantaranya :

1. Selalu mendo'akan kebaikan untuk saudara, orang yang dekat disekitar kita. Hal kecil ini jika rutin dilakukan InsyaAlloh akan berefek luarbiasa.

2. Berusaha untuk bisa memberi sesuatu, meski hal itu kecil. Bisa dimisalkan meski itu hanya sebuah senyuman atau ucapan salam.

3. Selalu mengingat kebaikan-kebaikan saudara dan orang terdekat kita, meski itu sudah lama terjadi.

Saya sarankan usaha kecil ini bisa diagendakan setiap hari, sehingga ikatan itu disamping bisa terjalin dengan baik juga bisa memperkuat ikatan yang sudah ada.

Wallau'alam..

| 0