19 June 2012

Berilah Ia Sesuatu

Seorang teman pernah berkata kepadaku, mengutip sebuah hadist Rosululloh Sholallahu'alaihi wasalam; "Saling memberilah kamu, maka kamu akan saling mencintai" kurang lebih seperti itu. Saat itu ia sedang membungkus kado untuk teman yang akan menikah, kalau tidak salah kado itu berupa buku, temanku ini memang super sekali (meminjam istilah om Mario).

Alangkah indah hubungan yang diawali dengan saling memberi, sekaligus meneladani Rosululloh Sholallahu'alaihi wasalam. Mungkin yang kita berikan tidak seberapa tapi insyaAlloh akan menjadi tali penghubung antara kita dan dia, kemudian melahirkan kecintaan, membebaskan diri dari sifat kikir, memberi kebahagiaan meskipun kecil bagi saudara kita ini.

Jika tidak bisa memberi dalam bentuk materi, paling tidak kita bisa memberikan wajah ceria kita setiap bertemu dengannya, memberi nasihat penuh inspirasi dan motivasi, memberi lambaian tangan disertai senyuman, memberi jalan ketika dia melintas di depan kita, merapihkan sandalnya ketika bertamu kerumah kita, mencuci motor atau sepedanya yang kotor (kalau mobilnya yang kotor bagaimana? sesuaikan dengan kemampuan anda saja), mencucikan pakaiannya yang kotor, membantu membersihkan rumah, dan lain-lain.

Saling memberi karena niat lillahita'ala (karena Alloh), selain menumbuhkan kecintaan juga ada pahala kebaikan disisi Alloh.

Maka tunggu apa lagi?

Berilah ia sesuatu.

6 comments:

  1. ilmu ikhlaas juga harus dipelajari saat memberi :), memberri seneng, ikhlasnya ketinggalan, yahhh sama aja donk. bang pandi sehat :D? lama gak jumpa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sehat mba.. Iya udah lama, tapi InsyaAlloh maunya rutin nulis, banyak belajar dan blogwalking.

      Delete
  2. yg paling mudah itu "senyum", senyum adalah sedekah yg paling mudah :D

    *kata lirik senyum dari Raihan

    ReplyDelete
  3. memberi sih memberi tapi ujung-ujungnya koq malah kayak art aja hehe..canda,,oiya ajarin donk cara buat kotak komentar yang bisa reply seperti itu..bole yaa..bole yaa..pliiissss, soalnya udah nyari di gugel,trus udah dipraktekin berulang kali tapi syelalu gagal *Nah lho koq malah curcol,,sorry yah

    ReplyDelete
  4. Tulisan yang inspiratif Pandi. The more you give the more you get. makasih yaa udah berkunjung ke blogku

    ReplyDelete

Terima kasih, sudah berkunjung..