05 January 2013

Menjaga prasangka

Adakah peristiwa yang berlangsung lebih dari sepuluh tahun lalu dan masih senantiasa membekas di benak Anda? Bisa ya bisa pula tidak. Bagi saya, ada suatu kisah yang masih membekas karena hikmahnya ternyata belum begitu lama mampu benar-benar saya pahami.

Alkisah, saya sedang menonton pawai tujuh belasan waktu itu. Lokasinya di dekat perlintasan kereta api, sebuah pertigaan, yang salah satu arahnya adalah arah menuju RSUD Wates. Penonton yang berjubel otomatis menutup jalan utama yang menuju rumah sakit tersebut. Di tengah ramainya suasana, sebuah mini van berusaha menyeruak kerumunan. Karuan saja pak polisi bertindak dan terjadilah suatu dialog dengan sang pengemudi mobil. Karena posisi saya cukup jauh untuk mendengarkan, jadilah saya hanya menilai alangkah ngaconya mobil yang hendak meminta jalan tersebut. Namun sejurus kemudian saya juga terkejut melihat seorang wanita yang duduk di sebelah pengemudi mobil itu. Di tangannya tampak seorang anak yang rapat terbalut kain dan direngkuh dengan gemetaran sepertinya. Ketika lebih jelas saya amati pun, raut kedua orang tersebut tampak cemas dan terburu-buru. Tak berapa lama, mobil tersebut dibiarkan lewat dan meluncur cepat ke arah rumah sakit.

Jika Anda menjadi saya, samakah yang kita pikirkan?! Awalnya saya juga kesal melihat mobil tersebut yang mengganggu kemeriahan pawai, tapi tak butuh berapa lama saya sadar saya keliru. Tentulah ada alasan "besar" mengapa mobil tersebut memberanikan diri menembus kerumunan, dan ternyata, sepenangkapan saya, ada anak yang sedang sakit di dalamnya. Masih kesalkah saya kemudian?! Tidak ternyata, saya mengerti, orang tersebut punya alasan, dan alasannya penting 
Bertahun-tahun kemudian saya baru benar-benar bisa memahami hikmah endapan ingatan tersebut, tak lain adalah tentang prasangka. Mudah ya untuk merasa kesal dan marah pada mobil tersebut, dan bisa jadi saya juga tidak tertarik mengapa mobil itu berusaha menyeruak kerumunan, pokoknya ngeselin, titik. ;D Tapi, ketika saya sedikit menajamkan mata dan mengamati, oh..ternyata ada anak yang sakit di dalamnya. Oh..kasihan ya kalau nggak boleh lewat. Oh..kelihatannya sang bapak dan sang ibu itu begitu cemas.

Dan akhirnya, tak apalah minggir sejenak. Prasangka, sebagian besarnya adalah menggiring pada dosa. Bisa dipahami dari peristiwa di atas, yaitu akan lebih mudah mengira tentang keburukan daripada kebaikan, hehehe. Tapi ketika kita mampu "memaksa" pemikiran kita untuk lebih terbuka dan mengamati (tidak hanya sekedar melihat) maka akan lahir pemahaman baru yang bisa jadi berbeda. Pemahaman yang bernama p e n g e r t i a n

Sekilas dapat juga kita tengok peringatan Allah tentang bahayanya prasangka. Allah berfirman,
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain.  Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah.  Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.
(QS Al-Hujurat: 12)

Buat saya, berprasangka itu melelahkan, itu yang jelas. Karena seperti jabaran hukum tarik menarik dalam buku The Secret. Pemikiran akan menarik hal-hal lain yang senada dengannya. Dengan demikian, pemikiran negatif a.k.a prasangka itu akan menarik lebih banyak lagi hal negatif lainnya. Sebagaimana sebaliknya, setiap pemikiran positif juga akan menghadirkan lagi lebih banyak hal positif dalam diri kita.

Jadi, jika demikian, mulai sekarang mari kita perbaiki akhlaq kita semua. Dimulai dengan berprasangka baik terhadap orang lain. Kita akan berkumpul dengan orang-orang baik dan insya Allah kita akan tertular menjadi orang yang baik. Sederhana saja kan, insya Allah.

Daripada melelahkan diri dengan berkesal-kesal dengan orang lain, pindah arah pandangan yuuk, insya Allah ada alasan di balik setiap tindakan. Dengan membiasakan diri berpikir demikian, insya Allah pikiran juga akan lebih tenang, dan pada kelanjutannya kita akan bisa merasa lebih nyaman dengan segalanya. Insya Allah juga, segala persoalan akan teratasi jika diawali dengan pemikiran yang tenang dan nyaman. 

Tulisan Ustad Rahmat Abdullah
Sumber :  iinparlina.wordpress.com

15 comments:

  1. Generallу thе flеx belt is а bеlt
    you strap on агοunԁ youг waist and 3 ρarticularly plаced pads aгe
    what еnable сοntгact
    youг abs.

    My homеpage ... http://boscarol.com

    ReplyDelete
  2. salam kenal aja dan makasih banyak atas semua info nya,,,,,,,

    ReplyDelete
  3. Ηeу I knoω this іѕ оff topic but ӏ ωaѕ ωonderіng if
    you knew οf any ωiԁgetѕ I could add to my blog that аutomatіcally twеet my nеwest twitteг updates.
    I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    Stop by my weblog: click through the following page

    ReplyDelete
  4. Hey! This іs my first visit to your blog! We arе a team of volunteers аnd ѕtarting a new proϳect in a
    cоmmunity іn the same niche. Your blog provided us
    useful information to worκ on. You havе done
    а еxtraordinary job!

    my blog :: next page

    ReplyDelete
  5. Itѕ like уou leaгn my thoughts!

    Yοu appear to grаsρ a lot apрroximatelу thiѕ, lіkе you wrotе the ebooκ in it оr somеthing.
    I feel thаt уou simply can do with a
    fеw % to power the message home a little bit, however instead of that, that is fantastic blog. A great read. I will certainly be back.

    Feel free to surf to my site: http://www.myfengshui.com.au

    ReplyDelete
  6. Remorseful, і another question. Whο mаkеs the veгy best menthol e liquid?


    my webpаge; green smoke discount

    ReplyDelete
  7. ӏ've been exploring for a bit for any high quality articles or weblog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Reading this information So i'm glаd to show thаt
    Ӏ've an incredibly good uncanny feeling I came upon just what I needed. I most indisputably will make certain to do not omit this website and provides it a glance on a constant basis.

    Here is my web-site ... Personal website http://www.sfgate.com/business/prweb/article/V2-Cigs-Review-Authentic-Smoking-Experience-or-4075176.php

    ReplyDelete
  8. Undeniаbly believe that whiсh you sаid.
    Yοur favoritе justification seemed to be on thе net the easiest thing to be аwarе of.

    I saу to you, ӏ definitely gеt
    irked whіle people thinκ about wοrrіes
    that they plainly ԁon't know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

    Here is my blog V2 cigs reviews

    ReplyDelete

Terima kasih, sudah berkunjung..