Optimisme

Dalam kehidupan ini, entah sampai kapan kita akan menjalaninya, kalau mau jujur kita belum tahu. Hari ini saya melihat betapa gigihnya orang diluar sana berusaha bekerja, berusaha menjemput rizki, seakan-akan mereka akan hidup selamanya, memang demikian seharusnya. Dan disisi lain ada juga yang terbaring di rumah sakit, kebetulan saya menjenguk guru saya yang baru dioperasi usus karena masalah pencernaan, mereka yang dirumah sakit hanya bisa terbaring dan tak mampu untuk berkerja atau berusaha mencari rizki, seakan waktu terhenti untuk berusaha dan bekerja. Di sisi lainnya, ada anak muda yang sedang asyik-asyiknya nongkrong disertai asap rokok yang mengepul, entah apa yang mereka tunggu, tapi mereka begitu menikmati pekerjaannya, meski saya ragu apakah dengan seperti itu mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang baik, yang akan membuat bangsa ini harum namanya.

Dapat kita lihat bahwa mereka yang saya ceritakan, Orang itu, guru saya, anak muda itu, adalah sesuatu ayat yang Allah perlihatkan, yang bisa kita petik pelajaran, Setidaknya untuk saya pribadi khususnya dan anda yang membaca tulisan ini.

Orang yang bekerja dan berusaha dengan gigih menjemput rizki, InsyaAllah akan mendapatkannya dengan hasil yang memuaskan. Guru saya yang sakit dan habis dioperasi, InsyaAllah akan mendapat kesembuhan karena saya tahu beliau adalah orang yang selalu optimis. Anak muda yang nongkrong dan tak jelas maksudnya, yang mungkin membuang waktu-waktunya, InsyaAllah mereka akan merasakan hasilnya, membengkaknnya angka pengangguran, korban mode, misalnya.

Dengan fenomena ini, akan selalu ada ujian disaat kita sebenarnya sadar bahwa yang perbuatan baik akan berdampak baik dan perbuatan buruk juga akan berdampak buruk pula. Meski kita yakin kegigihan akan menghasilkan hasil optimal, dan optimis akan melahirkan semangat, energi yang luar biasa, kemudian kemalasan akan melahirkan kerugian masadepan. Sampai seberapa lama anda meyakini dan memilih yang terbaik.

Semua masalah akan usai

dan kita termasuk yang berbahagia

karena semua permasalahan kita selesaikan

dengan cara yang terbaik.

Optimislah..

| 2