Jalan Itu Ada Ternyata! (Baru Tahu Yah, Kemana Aja)


Melihat semua kemungkinan, buntu. Jalan keluar sulit ditemukan, mentok. Semua itu jangan sampai menghilangkan keyakinan, jalan keluar akan selalu ada dalam persoalan apapun dan di manapun.Bahkan sesulit dan serumit apapun, jika masalah ini belum juga kelar, hanya mungkin karena ilmu kita belumlah sampai pada menuju jalan keluar, harus lebih giat lagi belajar.
Kadang kehabisan energi, dan muncul keluhan-keluhan dalam diri, padahal dengan kita tidak mengeluh menjadikan kuat, karena akan ada sumber energi lain selain yang sudah kita punya, dari sumbernya sumber energi Allah SWT. Keyakinan, sekali lagi adalah energi yang tidak pernah habis, karena yang kita yakini adalah Dzat yang maha besar dan kuat.
Dalam kekinian, entah berapa manusia yang aku temui berputus asa dalam urusannya dan memilih menjadi quiter. padahal bisa jadi masalah yang kita hadapi adalah anak tangga untuk menuju jenjang yang lebih tinggi, yang itu hanya Allah yang tahu.
Dalam kehidupan ini, kita sebagai makhluk yang diciptakan, harus disadari kita punya banyak kelemahan, di samping ada juga kelebihan yang Allah berikan. Maka dalam hidup tidak perlulah banyak mengeluh dan juga tidak juga takabur. Kita ada dalam posisi pertengahan, tidak down juga tidak upper.
Hidup sederhana, sesuai kebutuhan, proporsional, adalah dambaan setiap insan. Namun memang ada sesuatu dalam diri kita yang kadang meledak, yang tidak bisa kita kendalikan. Sesuatu itu kita namakan hawa nafsu, yang sebetulnya itu adalah sumber energi jika kita bisa mengendalikannya.
Kembali kepada jalan keluar, memang sebuah keyakinan akan sulit di pahami dan butuh waktu dan lebih sulit lagi diamalkan butuh waktu panjang. Seiring waktu berjalan, suatu saat kita akan yakin, seyakin-yakinnya, di situ  kita akan merasa bersyukur, telah diberi kepahaman dan pengalaman. Practice is the best teacher. Selamat menikmati mpembelajaran yang akan membuat kita semakin kuat, dan mantap.

| 2