Bekas Sujudnya Bercahaya 4

Perjuanganku untuk sholat subuh di masjid bukan tanpa kegagalan, kegagalan karena bangun tidur kesiangan mungkin salah satunya, namun seperti kata Ustad di radio, kalau pun kesiangan maka sholatnya sah sepanjang bukan karena kita menunda-nunda waktu sholat, jadi pas bangun segera sholat subuh, meski bangun tidur kesiangan. Bukan jadi alasan karena aktifitaslah, atau apa pun itu dijadikan pembenaran untuk sholat subuh kesiangan, kita wajib menjaga sholat subuh kita tepat waktu sehingga bisa berjamaah di masjid. Aku masih ingat kata Ustad di radio kalau amal yang paling dicintai Alloh adalah Sholat tepat pada waktunya.

sumber


Sore itu aku sholat Ashar di masjid, setelah beres sholat Ashar, aku melihat beberapa bapa-bapa berkumpul sedang berdiskusi, sekilas aku mendengar ada  kata "meninggal", "Siapa ya?" pikirku, beberapa saat kemudian Ustad penjaga masjid yang tadi ikut berkumpul berdiri lalu berjalan ke mimbar,

"Innalillahi wa inna ilaihiroji'un, telah berpulang ke Rohmatulloh Bapak Imam warga RT06/RW03, bagi bapak-bapak dan pemuda-pemuda yang ingin membantu pengurusan jenazah di tunggu di Masjid"

"Innalillahi wa inna Ilaihiroji'un" ucapku setelah mendengar pengumuman itu, Pa Imam meninggal, semoga Alloh memberikan tempat yang terbaik disisiNya, yang aku kenal Pa Imam orang yang baik, rajin sholat di masjid, batu loncatan yang belum berhasil aku loncati karena beliau keburu sakit dan sekarang meninggal.

Aku memberanikan diri ikut membantu untuk mengurus jenazah sebelum nantinya di makamkan, jenazah tiba di masjid jam 5 sore, jenazah belum di mandikan, jadi pengurusan jenazah dimulai dengan memandikan jenazah. Ketika memandikan jenazah aku hanya membantu membawakan air dan melihat proses memandikan jenazah, yang menarik, wajah Pa Imam berseri-seri meski berwarna pucat dan dahinya seperti mengeluarkan sinar, padahal lampu redup, aku tidak banyak bicara karena bapa-bapa yang memandikan jenazah juga tidak bicara apapun, pemandian jenazah terus berlangsung.

Sumber

Singkatnya, setelah pemakaman Pa Imam beres, aku memberanikan diri bertanya kepada bapa yang memandikan jenazah Pa Imam,

"Pa, tadi perasaan pas mandiin jenazah wajah Pa Imam di dahinya keluar sinar, bapa lihat ga?"

"Oh itu, Iya bapa juga heran, mungkin karena Pa Iman di masa hidupnya selalu mendirikan sholat, sepengetahuan selama 5 tahun ini bapa sholat berjama'ah di masjid, Pa Imam tak pernah absen sholat berjama'ah, mungkin karena itu ya, Wallohu'alam..". Kata si bapa panjang lebar.

Subhanalloh, jadi yang aku lihat tidak salah, dahi Pa Imam tadi memang bersinar, bergetar hati ini karena Alloh menujukan salah satu kebesaranNya kepadaku yang untuk pertamakalinya memberanikan diri memandikan jenazah, jenazah orang sholeh, sinar itu sebagai buktinya.

(Bersambung)
Bekas Sujudnya Bercahaya 1
Bekas Sujudnya Bercahaya 2
Bekas Sujudnya Bercahaya 3