17 April 2010

Mengungkapkan Masalah Merupakan Usaha Penyelesaian

Dalam kehidupan ada siang, ada malam, ada gelap, ada cahaya, ada manis, ada pahit. Itu hal yang biasa kita rasakan, yang mungkin sering kita alami dalam kehidupan. Di sadari atau tidak kadang kita merasa bahwa ketika siang itu datang, serasa hari adalah siang, dan ketika malam datang, serasa hari adalah malam, padahal dalam satu hari itu ada siang dan ada malam. Maksudnya bahwa dalam kehidupan ini isinya bukan hanya kesenangan tapi ada juga kesedihan, dan selalu silih berganti. Yang di perlukan selanjutnya adalah kemampuan kita untuk bertahan memilih sesuatu yang terbaik, yang disertai keilmuan tentang permasalahan yang kita hadapi.



Melalui tulisan ini, yang semoga bermanfaat, ingin hanya sekedar berbagi, tentang menghadapi masalah. Masalah akan selalu datang dalam kehidupan ini, meski tak kita undang, maka tak usah mengundang masalah, masalah itu akan datang sendiri. Seorang sahabat pernah bilang kalau kita punya masalah itu wajar yang tidak wajar yang tidak punya masalah. Meski harus di lihat juga masalahnya apa dulu, kalau jatuh dilubang yang sama sih itu mah, menciptakan masalah.

Yang di rasakan bahwa untuk menyelesaikan masalah harus tau jelas apa permasalahan yang sebenarnya terjadi. Dengan mengungkapkannya kepada orang yang kita percayai dan kompeten, sebetulnya salah satu upaya penyelesaian yang paling baik dan terbukti ampuh. Berbeda dengan hanya memendamnya dalam-dalam, sendiri, di fikiran dan perasaan. Sekali lagi meski sebahagian orang sulit melakukannya, semua perlu proses lah.

Makanya, melalui tulisan ini juga, sekalian mengajak untuk bisa belajar mengungkapkan masalah sebagai salah satu upaya penyelesaian masalah. Apapun itu, pribadi (keluarga, teman sahabat), pekerjaan (profesi, partner), ekonomi (ter-favorit), sosial, budaya (kaitannya dengan sikap toleransi), hankam (masalah-nya udah gawat ini mah), dll.

Beruntung bisa menemukan tempat yang nyaman ini, blogger, sehingga kita bisa mengungkapkannya melalui tulisan atau gambar atau what ever-lah..


Begitu sajah.. mungkin sementara..
Mohon maaf apa bila ada salah-salah kata..
Bilahitaufiq wal hidayah..
Wasalaamu'alaikum..

18 comments:

  1. Setuju mas..dgn berani mengungkapkan masalah maka kita akan menemukan jalan keluarnya

    ReplyDelete
  2. salam sahabat maaf baru berkunjung nih

    ReplyDelete
  3. ia saya juga mengungkapkan masalah lewat catatan kecil n merasa ringan saat buku itu di baca teman,,haha ketauan semua rahasia tapi menemukan jati diri

    blog walking dari tanah sunda

    ReplyDelete
  4. Kemarin juga saya posting diblog, masalah yang sedang saya hadapi! Lega rasanya!

    ReplyDelete
  5. makasih yah sob udah berkunjung ke tempat saya
    kunjungan perdana nih ke sini ^^
    izin follow blognya jg yah, sekalian tukaran link yuk ^^

    ReplyDelete
  6. memang mas, kalo suatu masalah itu harus segera diselesaikan melalu jalan apapun asal baik, termasuk mnyelesaikan masalah melalui blog.. :)

    ReplyDelete
  7. Setuju. Tanpa tahu permasalahannya, kita tidak bisa memberikan solusi yang tepat. Semakin detail kita masalah terungkap, apalagi kalau sampai ke akar masalah, kita akan lebih mudah merumuskan solusi. Artikel yang bermanfaat.

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  8. kalau aku masalah ku curhatin ma temen.mas anda sudah aku follow, follow balik yah

    ReplyDelete
  9. halo kawan,maaf baru bisa membalas kunjunganya, met malem n sukses selalu yah...

    ReplyDelete
  10. salam knal kawan, aq mampir perdana, di tunggu kunjungan baliknya ya....

    ReplyDelete
  11. yup
    salah satu usaha menyelesaikan masalah
    adalah
    identifikasi
    klarifikasi (termasuk mengungkapkan)
    dll

    ReplyDelete
  12. setuju mas...dengan mengungkapkan masalah kita bisa menemukan jalan keluarnya

    ReplyDelete
  13. postingan yang menarik sob, dengan senantiasa MENGungkapkan masalah pada sobat terdekat beban yang ada pada kita bisa terkurangi... kep goin sob,

    ReplyDelete
  14. Senzei aku bilang
    orang yang maju biasanya cepat mengidentifikasi masalah n cepat pula menyelesaikannya..

    ReplyDelete
  15. satuju kang Pandi, masalah itu bukan untuk dipendam..tapi diuraikan. masalahnya ya itu, mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu juga suatu masalah lho :)
    hehe geuning mbulet kieu..ah lieur
    salam wae kang :)

    ReplyDelete
  16. setuju banget sob...
    mengungkapkan masalah emang penyelesaian....
    setuju

    oh ya, follow balik ya

    ReplyDelete
  17. sampurasuuunnnn... mampir tuk mencari ilmu, betul kalo ada masalah ngomong aja, tapi pada tempatnya ya, ga.... salam dari bogor

    ReplyDelete

Terima kasih, sudah berkunjung..